Pengaruh Perilaku Terhadap Terbentuknya Commercial Zone (Studi Kasus pada Side Entrance PT Ungaran Sari Garment)

Tri Susetyo Andadari, Djoko Indrosaptono, Edward E Pandelaki

Abstract


PT Ungaran Sari Garment adalah sebuah perusahaan padat karya yang bergerak dibidang industri pakaian jadi dengan tenaga kerja lebih dari 10.000 karyawan yang terbagi di berbagai daerah, dan salah satunya adalah di Ungaran Timur. Fenomena menarik yang bisa dilihat pada perusahaan ini, sebagai akibat dari banyaknya karyawan adalah, padatnya side entrance pada saat jam pulang kerja dan jam masuk kerja. Kepadatan ini tidak hanya disebabkan oleh intern perusahaan dengan banyaknya jumlah karyawan yang keluar masuk secara bersamaan pada jam-jam masuk dan pulang kerja, juga diakibatkan oleh banyaknya aktivitas tiban di luar pintu pada side entrance perusahaan yang ikut terbentuk oleh pelaku ekonomi dan masyarakat sekitar, dalam rangka membuka peluang untuk mencari keuntungan dengan berbagai aktivitas komersial. Dengan menggunakan paradigma kuantitatif, penelitian ini berusaha untuk memberikan gambaran tentang pengaruh perilaku manusia, yang dalam hal ini adalah buruh PT Ungaran Sari Garment pada saat jam masuk kerja dan jam pulang kerja normal serta jam pulang kerja lembur disekitaran side entrance PT Ungaran Sari Garment, terhadap terbentuknya commercial zone. Dimana hasilnya menunjukkan adanya beberapa variabel perilaku yang mempengaruhi terbentuknya commercial zone.


Keywords


Perilaku, Commercial Zone, Side Entrance, Ungaran Sari Garment

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/arsir.v3i1.1435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Arsir



Indexed by:

   

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.