KAJIAN PERILAKU MAHASISWA TERHADAP PENATAAN FURNITURE RUANG KELAS

Sisca N Angrini

Abstract


Dalam proses belajar mengajar perlu memperhatikan aspek-aspek yang dapat mempengaruhinya agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Beberapa faktor yang dapat di pelajari dalam memberikan suasana ruang kegiatan belajar mengajar agar berlangsung sesuai dengan harapan antara lain harus memperhatikan aksesibilitas, mobilitas, interaksi dan variasi kerja mahasiswa. Selain itu ada beberapa faktor pendukung kegiatan tersebut seperti luas ruang kelas, tinggi ruang, pencahayaan, penghawaan dan jarak pandang. Pada penataan furniture ruang kelas harus diatur sedemikian rupa agar faktor-faktor yang dapat menunjang lancarnya kegiatan belajar mengajar tersebut terintergrasi dengan baik dan fungsi ruang kelas menjadi maksimal.
Perilaku mahasiswa dalam menentukan dimana posisi yang menurutnya nyaman dalam menerima pelajaran juga menjadi acuan agar mereka bisa berinteraksi dengan pengajar dan juga teman lebih leluasa dan berjalan lancar. Untuk mendapatkan tingkat kenyamanan yang merata di setiap bangku-bangku kelas yang telah di sediakan, perlu adanya sebuat setting interior ruang dalam yang memenuhi standar kenyaman tersebut

Keywords


perilaku mahasiswa; ruang kelas



DOI: https://doi.org/10.32502/arsir.v1i1.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Arsitektur Arsir



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Arsir indexed in: