STUDI PENGHAWAAN ALAMI PADA BANGUNAN SEKOLAH DASAR DI PINGGIRAN SUNGAI MUSI PALEMBANG

Abdul Rachmad Zahrial Amin

Sari


Penghawaan alami merupakan salah satu faktor penting terhadap kenyamanan termal sebuah bangunan, yang paling berpengaruh besar dalam penghawaan alami adalah besaran bukaan ventilasi, makin besar lubang ventilasi makin besar pemanfaatan penghawaan alami. Tentunnya juga dipengaruhi oleh letak bangunan, dan iklim setempat. Penelitian ini mengkaji Penghawaan Alami pada skala kawasan sebuah bangunan sekolah dasar di pinggiran sungai Musi yang berlokasi di daerah 4 Ulu Palembang. Lokasi penelitian dilaksanakan pada bangunan Sekolah Dasar yang berada pada daerah pasang surut air Sungai Musi Palembang. Bangunan sekolah dasar yang menjadi obyek penelitian ini adalah bangunan yang benar-benar memafaatkan penghawaan alami (tanpa menggunakan penghawaan buatan, mekanik). Di kawasan ini terdapat hanya satu bangunan Sekolah Dasar yang berada lebih kurang 100 meter dari pinggir Sungai Musi. Bangunan Sekolah merupakan bangunan yang tingkat penggunaannya cukup sering , maka tingkat kenyamanan dalam melakukan aktifitas harus baik. Penelitian ini mengamati pola aliran udara, tingkat kecepatan aliran udara yang bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap bangunan pendidikan yang mempunyai fungsi kelas agar menjadi lebih optimal. Untuk mengamati penghawaan alami dianalisa dengan program CFD (Computational Fluid Dynamis) dan untuk menganalisa kenyamanan termal digunakan program PMV Tools. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif analisis melalui pendekatan teknik dan arsitektur dengan menggunakan sejumlah persamaan praktis untuk penghitungan kenyamanan termal di dalam bangunan.

Kata Kunci


penghawaan alami; kenyamanan termal; kecepatan angin

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.32502/arsir.v1i2.862

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

   

Arsir : Jurnal Arsitektur is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats