ANALISA DIMENSI SALURAN DRAINASE TERHADAP BANJIR YANG TERJADI DIWILAYAH KELURAHAN PAHLAWAN KECAMATAN KEMUNING PALEMBANG

Zainul Bahri, nurnilam Oemiati

Abstract


Kelurahan Pahlawan merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Kemuning kota Palembang. Wilayah ini merupakan daerah yang memiliki dataran yang cukup rendah. Hal ini terlihat karena sering terjadinya banjir pada saat curah hujan yang cukup tinggi. Kelurahan Pahlawan memiliki luas daerah sebesar 158.00 Ha dengan 12.992 jumlah penduduk.

Banjir yang terjadi merupakan banjir yang disebabkan karena meluapnya saluran yang berada di wilayah ini. Curah hujan yang tinggi dengan durasi yang cukup lama, akan membuat air yang seharusnya mengalir didalam saluran meluap hingga banjir di sekitar saluran, rumah penduduk, maupun jalan dengan tinggi mencapai 10-35 cm. Untuk mendapatkan debit banjir maksimum, dapat dilakukan analisa dimensi saluran dengan menghitung debit hujan maksimum, limbah penduduk dan data hidrolika (pengamatan langsung).

Saluran ini merupakan saluran yang dialiri sungai Bayas dan bermuara ke sungai Bendung dengan ukuran dimensi saluran sebesar lebar saluran 3,6 meter, tinggi saluran 1,1 meter dan tinggi muka air 0,30 meter. Dari hasil perhitungan dapat diambil kesimpulan bahwa debit maksimum pada dimensi saluran yaitu 2,60m3/detik dapat menampung debit banjir maksimum 0,873 m3/detik. Jadi dimensi saluran ini masih memadai untuk mengaliri debit air hujan dan air rumah tangga. Untuk mengatasi banjir dapat dilakukan penggerukkan sedimen agar kapasitas saluran meningkat.

 

Kata Kunci : Kelurahan Pahlawan, Banjir, Dimensi Saluran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.719201643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.