KONSEP KONSERVASI LAHAN DAN AIR DI DAERAH PUNCAK SEKUNING KELURAHAN LOROK PAKJO PALEMBANG

Erny Agusri, Jonizar jonizar

Abstract


Kawasan Puncak Sekuning kelurahan Lorok Pakjo merupakan salah satu kawasan di kota Palembang yang mulai  terdapat genangan air beberapa tahun  terakhir. Seperti diketahui genangan banyak terjadi di kawasan – kawasan  dengan tingkat kepadatan penduduk yang semakin tinggi. Upaya konservasi perlu dilakukan untuk mengurangi tingginya limpasan dan rendahnya resapan sehingga keseimbangan lingkungan hidrologi di kawasan tersebut tetap terjaga.

Pada kawasan Puncak Sekuning  konsep konservasi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat kolam resapan, perbaikan sistem jaringan drainase dan saluran alam. Pada permukiman penduduk sedapat mungkin diterapkan struktur konservasi berupa Bioretention Area dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada. Pemilihan konsep ini karena sesuai untuk lokasi relatif kecil, volume genangan air  masih normal, menciptakan kondisi asri dan pemeliharaan yang mudah, dengan demikian air limpasan dapat ditahan dan disimpan dalam tanah serta sebagian akan mengalir ke saluran alam.  Dalam melakukan konservasi lahan dan air didaerah Puncak Sekuning kelurahan Lorok Pakjo, perlu dipertimbangkan beberapa faktor antara lain : sifat hujan, sifat fisik kawasan, penggunaan lahan dan pengelolaannya. Faktor-faktor tersebut perlu dipertimbangkan dalam menentukan konsep untuk mengatasi limpasan air hujan dan meminimalisasi tingkat pencemaran air.

Konservasi lahan dan air pada kawasan Puncak Sekuning dilakukan dengan memperbaiki system jaringan drainase yang ada, normalisasi saluran alam, dan pembangunan struktur limpasan pengendali air limpasan.

 

Kata Kunci: Konservasi lahan, sitem jaringan drainase


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.721201643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.