PENGARUH JENIS DAN KEMIRINGAN DASAR SALURAN TERHADAP NILAI KOEFISIEN C DENGAN PERSAMAAN MANNING BERDASARKAN HASIL UJI LABORATORIUM

sudirman Kimi

Abstract


Dalam hidraulika saluran terbagi menjadi 2 jenis yaitu aliran saluran terbuka dan aliran saluran tertutup. Saluran terbuka mempunyai bentuk dan kecepataan yang berbeda untuk setiap perubahan tekanan dan kecepatan aliran. Kecepatan aliran yang mengalir melalui saluran terbuka dapat mengalami hambatan yang dipengaruhi oleh kekasaran kemiringan dan ukuran saluran yang dibuat.

Penelitian ini menggunakan 3 jenis dasar saluran yaitu kasar, sedang, halus, dan kemiringan yang bervariasi. Semakin halus jenis dasar saluran maka semakin besar debit air (Q), kecepatan aliran (V), dan nilai koefisien C yang dihasilkan. Semakin halus jenis dasar saluran maka semakin kecil luas penampang saluran (A), keliling basah (P), dan jari-jari hidrolik (R). Dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai koefisien C berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan adalah jenis dasar saluran, debit air, dan kecepatan aliran.

 

Kata kunci :Saluran terbuka, KoefisienC, Persamaan manning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.730201541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.