ANALISA PERHITUNGAN WAKTU PENGALIRAN AIR DAN SOLAR PADA TANGKI

Nurnilam Oemiati

Abstract


Lubang pada tangki empat persegi panjang yang terletak di dinding maupun di dasar tangki berfungsi sebagai celah bukaan zat cair mengalir. Aliran yang melalui lubang mempunyai debit, kecepatan dan waktu alir. Bentuk lubang dan luas lubang dapat mempengaruhi besarnya debit, kecepatan dan waktu untuk mengalirkan zat cair. Terkadang kita tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu sampai bak itu kosong apalagi jika terjadi kebocoran.

Pada penelitian ini digunakan 4 variasi yaitu zat cair berupa air yang mengalir melalui bagian samping bawah tangki dan bagian dasar tangki, serta solar yang mengalir dari bagian samping bawah tangki dan bagian dasar tangki. Lubang yang digunakan berbentuk lingkaran, yang memiliki masing-masing luas lubang yang sama yaitu 0,491 cm2. Ketinggian muka air 25 cm dan ketinggian tangki 30 cm. Waktu pengaliran dihitung lagsung dengan menggunakan stopwatch. Perbandingan perhitungan waktu pengaliran didapat dengan cara membandingkan hasil percobaan dengan hasil perhitungan secara teori.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa waktu pengaliran masing-masing jenis zat cair air dan solar bernilai 15,38 detik dan 17,59 detik pada posisi lubang terletak di bagian dasar tangki; perbandingan antara percobaan dan perhitungan adalah 0,98. Nilai waktu pengaliran yang besar 35,03 detik dan 30,46 detik  untuk solar dan air pada posisi lubang di sisi samping tangki; perbandingan antara percobaan dan perhitungan adalah 0,96.  Air lebih evisien dibandingkan solar.

 

Kata kunci               : Tangki empat persegi panjang,zat cair,perhitungan waktu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.732201541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.