PERHITUNGAN DAYA TAMPUNG KAWASAN PARKIR BANK SUMSEL BABEL JAKABARING DI KOTA PALEMBANG

Noto Royan

Abstract


Parkir didefenisikan adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Kebutuhan tempat parkir untuk kendaraan roda empat maupun sepeda motor sangat penting karena kebutuhan tersebut sangat berbeda dan bervariasi tergantung dari bentuk dan karekteristik masing-masing kendaraan dan luas lokasi parkir dan pola parkir.

                Peneliti membatasi permasalahan pada pokok masalah menganalisa akumulasi parkir, volume parkir, kapasitas parkir, lamanya parkir (durasi parkir), indeks parkir, pergantian parkir.

                Perhitungan daya tampung kawasan parkir Bank Sumsel Babel Jakabaring lokasi di Jalan Gubernur H.Ahmad Bastari, Jakabaring di Kota Palembang. Dari hasil analisa peroleh bahwa kawasan parkir kendaraan roda empat dengan daya tampung sebanyak 180 SRP kendaraan R4 (roda empat atau mobil), artinya masih dibutuhkan penambahan kawasan parkir R4. Sedangkan kendaraan roda dua dengan daya tampung parkir sebanyak 104 SRP kendaraan R2 (roda dua atau sepeda motor), artinya saat ini kawasan parkir masih dapat  menampung kendaraan.

 

Kata kunci : parkir, daya tampung


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.733201541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.