PERENCANAAN JARINGAN IRIGASI PASANG SURUT ARISAN MUSI KECAMATAN MUARA BELIDA MUARA ENIM

Syukri Malian, Sri Martini

Abstract


Sumatera Selatan khususnya merupakan 70% lahan persawahan adalah lahan pasang surut, dan bersesuaian dengan wacana Dinas Pekerjaan Umum  Pengairan bahwa kedepan nanti perencanaan irigasi di Sumatera Selatan akan diperbanyak kearah irigasi pasang surut, sehingga ilmu irigasi pasang surut ini sangat diperlukan.

Metode log pearson type III melibatkan tiga parameter dalam proses perhitungannya, ketiga parameter tersebut adalah rata-rata data ( ), standar deviasi (Sd) dan koefisien kemencengan (Cs). Adapun prosedur perhitungan dari log persoan type III yaitu merubah data menjadi data logaritma, menentukan nilai rata-rata, mengurangkan data logaritma dengan nilai rata-rata, mengurangkan data logaritma dengan nilai rata-rata kuadrat, menghitung standar deviasi logaritma, menghitung koefisien skeweness data logaritma, dan menghitung curah hujan rancangan dengan kala ulang tertentu.

Pada perencanaan irigasi ini menggunakan saluran dua arah yaitu proses pensuplai (air masuk pada saat pasang) dan proses drainase (air keluar pada saat surut).

 

Kata kunci: Irigasi, Log pearson type III, Saluran dua arah

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.734201541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.