RESEPSI SASTRA SISWA KELAS IVa SDN 25 PALEMBANG TERHADAP CERPEN KEBAIKAN TUKANG BAKSO

Nurulanningsih Nurulanningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resepsi sastra siswa kelas IVa SDN 25 Palembang terhadap cerpen Kebaikan Tukang Bakso. Cerpen ini terdapat pada buku Tematik 8 (Daerah Tempat Tinggalku) Untuk SD/MI Kelas IV  Karya Ari Subakti. Penelitian resepsi sastra ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,  pada penelitian ini  menggunakan tanggapan pembaca yang berada dalam dalam kurun waktu yang sama. Sampel dalam penelitian ini kelas IVa SDN 25 Palembang yang berjumlah 41 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data adalah menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan terhadap resepsi sastra siswa kelas IVa SDN 25 Palembang terhadap cerpen Kebaikan Tukang Bakso dapat disimpulkan bahwa penerimaan siswa terhadap cerpen tersebut baik.


Keywords


resepsi; sastra; cerpen

Full Text:

PDF

References


Basrowi & Soenyono. (2007). Metode Analisis Data Sosial. Kediri: Jenggala Pustaka Utama.

Endaswara. (2013). Prinsip, Falsafah, dan Penerapan Teori Kritik Sastra. Jakarta: Buku Seru.

Jabrohim. (2003). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanandita Graha Widya.

Kosasih, E. (2014). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung Yrama Widya.

Kosasih, E. (2015). Tata Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung:Yrama Widya.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliawan, J. U.(2014). Metode Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Yogyakarta. Gava Media.

Nurgiyantoro. B, Gunawan, & Marzuki. (2009). Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurhadi. (2017). Handbook of Writing (Panduan Lengkap Menulis). Jakarta: Bumi Aksara.

Pradopo, R. D. (2013). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, N. K. (2010). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sangidu. (2007). Penelitian Sastra: Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Subakti, Ari. (2016). Tematik 8 (Daerah Tempat Tinggalku) Untuk SD/MI Kelas IV Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.