RENCANA STRATEGIS APPLICATION PORTFOLIO PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD

Bayu Wijaya Putra, Dedy Syamsuar, Muhamad Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat rencana strategis Universitas Muhammadiyah Palembang sehingga dapat menghasilkan application portfolio sistem informasi masa depan yang optimal bagi civitas akademika. Objek penelitian adalah Universitas Muhammadiyah Palembang yang telah menerapkan sistem informasi akademik (SIMAK) terpusat sejak 2014. Untuk membuat rencana strategis sistem informasi menggunakan data analisis SWOT dari buku rencana strategis universitas. Pembuatan renstra menggunakan metode Ward and Peppard sebagai framework pembuatan rencana strategis, metode ini memiliki input berupa data SWOT lingkungan bisnis internal dan external, dan lingkungan SI/TI internal dan external. Hasil dari input analisis SWOT tersebut menghasilkan aktifitas yang menjadi basis dalam pembuatan rencana strategis pengembangan aplikasi masa mendatang. Rencana strategis ini menghasilkan application portfolio dalam Kuadran McFarland dan road map rencana pengembangan aplikasi 5 tahun mendatang.

Full Text:

PDF

References


Laudon, K.C. And J.P. Laudon, Management Information Systems: Managing The Digital Firm. New Jersey, 2004. 8.

Atmaja, W.H.K., Penyusunan Metodologi Perencanaan Strategis Sistem Informasi Berbasis Value Bisnis (Be Vissta Planning) Untuk Meningkatkan Peran Strategis Sistem Informasi Pada Suatu Organisasi (Bagian I). 2002.

Ghozali, K. And M. Feby Artwodini, Pembuatan Portofolio Aplikasi Mendatang Pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2011.

Setiawan, A. And B. Ilman, Perencanaan Strategik Sistem Informasi Pada Perusahaan Penerbitan Dengan Metode Ward & Peppard: Studi Kasus Pada Penerbit. Jurnal Manajemen Teknologi, 2013. 11(3).

Wedhasmara, A., Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Menggunakan Metode Ward And Peppard. Jurnal Sistem Informasi, 2014. 1(1).

Ward, J. And J. Peppard, The Evolving Role Of Information Systems And Technology In Organizations: A Strategic Perspective. Strategic Planning For Information Systems, 2002: P. 1-59.

Fariani, R.I., Analisa Perencanaan Strategi Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (Si/Ti) Dengan Menggunakan Framework Ward & Peppard Di Perguruan Tinggi Abc. Sesindo 2014, 2014.

Mcfarlan, F., Information Systems Changes The Way You Compete. Harvard Business Review, 1984.

Rosyidi, R., Perancangan Sistem Informasi Strategis Stmik Amikom Purwokerto. Telematika, 2012. 5(1).

Rangkuti, F., Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Pt Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Sari, K., K, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v1i1.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.