PENGARUH WAKTU KONTAK OPTIMUM DAN MASSA ADSORBEN TERHADAP KEMAMPUAN LIMBAH KARBIT MENGADSORPSI Pb DAN Cr DALAM LIMBAH KAIN JUMPUTAN DENGAN METODE FIXED BED COLOUM FLOW UP

Arif Karim, Legiso Legiso, Alex Trisno

Abstract


Air limbah yang berasal dari rumah sakit merupakan salah satu sumber pencemaran air yang sangat potensial. Hal ini disebabkan karena air limbah rumah sakit mengandung senyawa organik yang cukup tinggi juga kemungkinan mengandung senyawa-senyawa kimia lain serta mikroorganisme patogen yang dapat menyebabkan penyakit terhadap masyarakat disekitarnya. Proses pengolahan air limbah rumah sakit dengan sistem biofilter anaero-aerob mampu menurunkan kadar BOD, COD, TSS, dan dapat menstabilkan pH.  Kadar BOD, COD, dan TSS juga dapat dipengaruhi oleh kepekatan air limbah. Semakin tinggi tingkat pengenceran air limbah maka penurunan kadar BOD, COD, dan TSS juga akan semakin tinggi. Dari hasil pengamatan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil terbaik yang didapat dalam penelitian ini adalah pada laju alir 500 ml/menit dengan kepekatan 50% pengenceran dengan analisa BOD sebesar 22,40 mg/l, COD sebesar 56,24 mg/l, dan TSS sebesar 12,71 mg/l. Nilai-nilai tersebut telah sesuai dengan baku mutu limbah cair yang telah ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Sumsel No 18 Tahun 2005.


Full Text:

PDF

References


Anita Rahmawati, Agnes dan Azizah, R.2002. Perbedaan Kadar BOD, COD, TSS dan MPN Coliform Pada Air Limbah Sebelum dan Sesudah Pengolahan Di RSUD Nganjuk.

Djuhaeni, Dr. Henny. Penanggulangan Dampak Lingkungan Rumah Sakit. Kanwil Departemen Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Endress dan Hauser. COD, BOD, TOC and Colourimetric Analysers Effluent and Process Control In The Food and Beverage Industry.

Fardiaz, Srikandi. 1992. Polusi Air dan Udara. Kanisius. Yogyakarta.

Giyatmi. 2003. Efektifitas Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta terhadap Pencemaran Radioaktif. Yogyakarta : Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor: Kep-58/MENLH/12/1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair bagi Kegiatan Rumah Sakit.

Khusnuryani, Arifah. 2008. Mikrobia Sebagai Agen Penurun Posfat Pada Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit. Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi. Yogyakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 173/Menkes/Per/VII/1997 tentang Pengawasan pencemaran Air. Departemen Kesehatan RI.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 512/Menkes/Per/X/1990 tentang AMDAL Rumah Sakit. Departemen Kesehatan RI.

Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 18 Tahun 2005 tentang baku Mutu Limbah Cair ( BMLC ) bagi Kegiatan Industri, Hotel, Rumah Sakit, Domestik, dan Pertambangan Batubara.

Rhiti, Hyronimus. 2005. Kompleksitas Permasalahan Lingkungan Hidup. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Sianita, Dwi. Kajian Pengolahan Limbah Cair industri Batik Kombinasi Aerob-Anaerob dan Penggunaan Koagulan Tawas. Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.32502/jd.v2i1.1199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Distilasi



Jurnal Distilasi is indexed by: