BIOPLASTIK PATI UMBI TALAS MELALUI PROSES MELT INTERCALATION

Ani Melani, Netty Herawati, A.Fajri Kurniawan

Abstract


Plastik sangat banyak diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya plastik hanya digunakan sekali pakai. Dalam satu tahun sebanyak 1 triliun plastik digunakan dunia. Plastik konvensional yang terbuat dari minyak bumi memiliki sifat degradasi yang rendah. setidaknya kantong plastik dapat diuraikan dalam waktu 500-1.000 tahun, hal ini menyebabkan plastik menjadi sumber sebagian besar sampah dunia dan tentu saja merusak lingkungan.Untuk memenuhi kebutuhan plastik sehari-hari, maka  diperlukan pemikiran dan teknologi baru untuk membuat plastik yang ramah lingkungan (Avella,2009:DavidPlacket,2003). Bioplastik merupakan plastik yang dapat digunakan layaknya plastik konvensional, namun akan hancur terurai oleh mikroorganisme menjadi air dan gas karbondioksida setelah habis dipakai dan dibuang kelingkungan tanpa meninggalkan zat beracun. Bioplastik adalah plastik yang ramah lingkungan yang secara alamiah dapat dengan mudah terdegradasi. Indonesia merupakan Negara yang memiliki perkebunan dan pertanian yang luas, Untuk memproduksi bioplastik bukanlah hal yang sulit untuk mendapatkan bahan bakunya. Bahan baku bioplastik dapat diperoleh dari pati, minyak nabati dan mikrobiota. Pati merupakan salah satu polimer alami dari ekstraksi tanaman yang dapat digunakan untuk memproduksi material biodegradabel karena sifatnya yang ramah lingkungan, mudah terdegradasi, ketersediaan yang besar dan terjangkau (Yihu Song, 2008; Gonzarrez,2010; Sandra Domenek, 2004). Pada penelitian ini bahan baku yang digunakan adalah  umbi talas yang mengandung pati,  70% yield dalam basis kerimg (Cui, 2005), sebanyak 10 gr dengan variasi jenis plasticiezer (Gliserol, Sorbitol), jenis Filler (Kitosan, ZnO, Clay) dan konsentrasi Filler (3%, 6%, 9%, 12%). Waktu pengadukan konstan 40 menit dan pengovenan pada temperatur 45 C selama 5 jam melalui proses Melt Intercalation. Kondisi operasi ini dipelajari untuk mendapatkan hasil Bioplastik yang terbaik, dengan menguji karakteristik Bioplastik yang dihasilkan. Hasil penelitian yang terbaik diperoleh pada Bioplastik dari Pati Umbi Talas melalui Proses Melt Inercalation pada Konsentrasi Filler Clay 4%, Plasticiezer Sorbitol 25% dengan pengadukan selama 40 menit dan Pengovenan pada temperatur 45 C selama 5 jam. Hasil Uji Karakteristik dari Bioplastik, Uji Tarik 89,327801 MPa, Uji Degradasi 52% berat residual, Uji Logam Timbal (Pb) 0,0057 mg/L dan Kadmium (Cd) 0,127 mg/L. Bioplastik ini memenuhi Standard Nasional Indonesia (SNI).


Full Text:

PDF

References


Afrozi, A. S. 2010. Sintesis dan Karakterisasi Katalis Nanokomposit Berbasis Titaniauntuk Produksi Hidrogen dari Gliserol dan Air. Depok: Departemen TeknikKimia, Universitas Indonesia.

American Society for Testing and Methode.1999.ASTM Standards Pertaining to The Biodegradability and Compostbility of Plastic. Weat Conshocken:Author

Bayandori, A. M. 2009. Synthesis Of Zno Nanoparticles And Elecrodeposition Of Polypyrole/Zno Nanocomposite Film. Int J Electrochem Sci, 4, 247-257.

Ben,E,S., Zulianis, A.Halim. 2007.Studi Awal Pemisahan Amilosa Dan Amilopektinpati Singkong Dengan Fraksinasi Butanol-Air. Jurnal Sains dan TeknologiFarmasi,Vol 2,No.1,1-11

Darni, dkk., 2009. Pembuatan Bioplastik dari Pati Ubi Jalar dengan Plasticizer Gliserol dan Penambahan Zat Aditif. Jurnal Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara.

Erfan Ahmad.,2012.Sintesis Bioplastik Dari Pati Ubi Jalar Menggunakan Penguat Logam ZnO dan Penguat Alami Kitosan,. Skripsi Universitas Indonesia, Depok

Giannelis,E.P.1996. Polymer Layered Silicate Nanocomposite. Advanced Materials.

Hartati, N. S., T. K. P. 2003. Analisis Kadar Pati dan Serat Kasar Tepung beberapa Kultivar Talas (Colocasia esculenta L. Schott). Jurnal Natur Indonesia.

Inggaweni Yul dan Suyatno.,2015. Karakterisasi Sifat Mekanik Plastik Biodegradable Dari Komposit (HDPE) dan Pati Kulit Singkong.Jurnal Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

https://bungsu-kecil.blogspot.co.id/2014/01/plastik-dari-bahn-pati-ubi-jalar.html

https://wawasanilmukimia.wordpress.com/2014/03/17/seng-oksida-fungsinya-tidak-sekadar filter-rokok-dan-aditif-makanan/

http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=15647.0

https://www.researchgate.net/publication/310844627_Struktur_dan_Kekerasan_Bioplastik_dari_Pati_Singkong [accessed Jul 19, 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Distilasi is indexed by:

http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/11972