PENGARUH PERILAKU GURU DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI SERTA DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR SISWA DI KECAMATAN TALANG UBI

Fadri Fadri

Abstract


The results of this study indicate that the behavior of teachers, the variations
in teaching and learning motivation of students simultaneously influence the
students’ learning outcomes the students of state senior high school in the
district of Talang Ubi regency of Penukal Abab Lematang Ilir. For the effect
of partially found that there are a positive and significant influence teachers’
behavior partially on students’ learning outcomes, and there is a significant
negative influence of variations of teaching and students’ learning motivation
partially on students’ learning outcomes.

Keywords


Hasil belajar, perilaku guru, variasi mengajar, motivasi siswa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afrianti, Ratih Widhita. 2010. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Malang

Pelajaran IPS.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT.

Aksara.

Azizah, Sri Mega lailatul. 2011. Pengaruh Perilaku Guru dan Motivasi

Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VIII Pada Mata

Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta : PT. Rineka Cipta.

-----------------------------.2010. Guru dan Anak didik Dalam Interaksi

Edukatif. Jakarta : Raja Grafindo.

Farida. 2013. Hubungan keterampilan guru dalam memberikan variasi

mengajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran

stenografi kelas XI AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi tahun ajaran

/2013. 2013.

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

-----------------------,2014. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : Sinar

Baru Algesindo.

Istijanto. 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Kasmadi. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Marno dan M. Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar :

Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pardede, Ratlan. 2014. Analisis Jalur (Path Analaysis). Jakarta : Rineka

Cipta.

Sari, Intan Purwita.2013. Hubungan variasi gaya mengajar guru dengan

motivasi belajar siswa Kelas V SD Negeri No. 107415 Batang

Kuis tahun ajaran 2012/2013.

Sardiman, AM. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :

Sinar Baru Algensido Offset.

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Kencana

Surya, Muhamad. 2014. Psikologi Guru : Konsep dan

Aplikasinya. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia

edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Ulya, Uly. 2012. Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap

Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Dan

V Pada Mi Riyadlotul Ulum Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten

Demak Tahun Ajaran 2011/2012.

Wawan, A dan Dewi M. 2010. Teori dan Pengukuran : Pengetahuan, Sikap

dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen is published by Pascasarjana Management Department. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED / ABSTRACTED

     BASE Logo      logo