ANALISIS PENJADWALAN PRODUKSI JOB SHOP PADA UKM DI BIDANG KONVEKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA TABU SEARCH (Studi Kasus di Panca Konveksi)

Defri Iskandar, Ahmad Ansyori Masruri, Deni Saputra

Abstract


Panca Konveksi adalah salah satu industri konveksi pakaian jadi yang ada di kota Palembang dan telah berdiri selama 4 tahun. Perkembangan panca konveksi cukup pesat, hal ini dapat dilihat dari hasil penjualan produknya yang terus meningkat. Dengan meningkatnya hasil produksi industri konveksi di panca konveksi masih mengalami keterlambatan dalam penyelesaian produksi pada beberapa konsumennya sehingga dapat mengurangi kepuasan pada pelanggannya, oleh karena itu untuk mengoptimalkan waktu produksi perlu adanya penjadwalan produksi salah satunya dengan menggunkan metode Algoritma Tabu Search. Tujuan penelitian pada kasus penjadwalan di panca konveksi dengan metode Algoritma Tabu Search agar mengotimalkan penjadwalan produksi Panca Konveksi serta mengetahui seberapa efisien waktu produksi Panca Konveksi dengan menggunakan metode Algoritma Tabu Search. Berdasarkan tahapan penyelesaian algoritma, dilakukan perumusan algoritma tersebut ke dalam bahasa program untuk mengolah data yang ada dengan bantuan software VBA macro di Ms. Excel. Algoritma Tabu Search dalam kasus ini menghasilkan nilai makespan sebesar 2502 menit dan dapat menghemat waktu sebesar 4,06 %.

Keywords


Penjadwalan, Job Shop, Algoritma Tabu Search, Makespan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/js.v3i2.1272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.