DESAIN MODEL PEMBELAJARAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) PLUS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Nurmala Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menginvestigasi desain model pembelajaran Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Plus di SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan dilanjutkan dengan triangulasi.Sumber data didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan salah satu pengajar yang ada di sekolah SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Sedangkan Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Berdasarkan hasil wawancara peneliti bahwa kegiatan KBM Plus di sekolah tersebut memiliki keunggulan tersendiri yang dapat membantu siswa dalam menghadapi ujian-ujian di
sekolah.

Keywords


model pembelajaran; kegiatan belajar mengajar (KBM) plus

Full Text:

PDF

References


Amiruddin. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offset.

Bloom,B.S.,(Ed). (2006). Taxonomy of Educational Objectives, The Classification of Educational Goals. Handbook P Cognitive Domain. New York: Longman.

David,J.R. (1976). Teaching Strategies For College Class Room. P3G.

David O. Sears, Jonathan L. Freedman,L Anne Peplau. (1996). Sosial Anthropology Fflh Edition. Mc Graw Hill,Inc.

Dick, Walter & Carey Lou. (1985). The Systematic Design Of Intruction, London: Scott, Foresman and Company.

Dick,W and Carrey, L, (2015). The Systematic Design of Instruction. Glenview, Illinois: Scott, Foreman and Company.

Gagne, Robert M. (2010). The Conditions of Learning. Holt Rinehart and Winston Inc. New York.

Kemp.,Jerrold E. (1995). Instruction Desigen: A Plan for Unit And Course Development, Belmon: Feron.

Koentjaraningrat. (1993). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. (Edisi ketiga). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kristiawan,M. (2017). The Characteristics Of The Full Day School Based Elementary School. Transylvanian Review.

Mantra Pendidikan. (2017). Tujuan dan Manfaat Belajar Tambahan bagi Siswa.

Https://www.mantrapendidikan.com/2017/01/tujuan-dan-manfaat-belajar-tambahan.html?m=1.

Media Indonesia. (2016). Pro Kontra Tambahan Jam Belajar, Mendikbud Bentuk Tim Kajian.

http://m.mediaindonesia.com/read/detail/60730-pro-kontra-tambahan-jam-belajar-mendikbud-bentuk-tim-kajian.

Mudhafir. (2011). Pengembangan Pembelajaran. Bandung: Tarsito.

Reigeluth, C M. (2007). In Search of a Better Way to Organize Instruction.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i1.1060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter