PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 3 RAMBUTAN

Nani Diana

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan peran SD Negeri 3 Rambutan sebagai salah satu sekolah proyek percontohan pendamping Kurikulum 2013. Penelitian ini berfokus pada bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah dan kinerja guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif dengan metode kualitatif, hasil yang diperoleh adalah kepemimpinan yang baik yang dilakukan secara demokratis dan kinerja guru yang profesional, ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai dapat menerapkan kurikulum 2013 dengan baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang baik dan kinerja guru yang profesional dapat mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan efektifitas tinggi. Implementasi kurikulum 2013 sangat tergantung dari kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru dan sarana prasarana yang memadai. Untuk menjalankan program ini, penulis memberikan saran: 1)Kepemimpinan Kepala sekolah dilaksanakan sesuai situasional dan transformasional; 2) guru harus memiliki kompetensi dan profesionalitas; 3) Pelaksanaan kurikulum 2013 hendaknya disiapkan secara matang sehubungan dengan pola pikir guru, buku teks guru , buku teks siswa dan administrasi penilaian yang lengkap untuk melaksanakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik; 4)Jumlah rombongan belajar harus ideal ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai supaya tercapai target dan efektifitas kurikulum 2013.


Keywords


kepemimpinan kepala sekolah; kinerja guru; efektifitas kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. (2008). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Grifffin Ricky W. (2003). Managemen. Jakarta: Erlangga.

Gary Yukl.(2010). Kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: PT Indeks.

Ibrahim, S. M. Ghavifekr, S. Ling, S. ”Can trannformational leathership influence, commitment towards organization,teaching profession ,and Student learning? A quantitatif analysis.Journal Education Reserch Institute,Seoul National University,Korea 2013(diunduh 2 desember 2013).

Ismail. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Guru.

Kementrian pendidikan dan Kebudayaan, 2013.Bahan Uji Publik Kurikulum 2013.

Kristiawan ,M. (2017). Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: Deepublish.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Locke,Edwin A. (1977). Essensi Kepemimpinan: Empat Kunci untuk memimpin dengan Penuh keberhasilan: alih bahasa aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Moleong,LexyJ. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Miles dan Huberman , (1992). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa ,E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI NO. 81A / 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013 pedoman Umum Pembelajaran.

Sallis Edward. (2006). Total Quality Managemen in Education. Saxon Graphics Ltd,derby, Brittis Library.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i1.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :