IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA 1 MUHAMMADIYAH KOTA PALEMBANG

Asril Sairi, M Safrizal

Abstract


Sebagian besar kualitas rendah disebabkan oleh manajemen dan kebijakan pendidikan yang buruk. Sekolah warga hanyalah implementasi kebijakan yang telah mengatur atasannya. Adanya manajemen berbasis sekolah, masalah terkait pendidikan yang diharapkan dapat teratasi. Sekolah-sekolah pemberdayaan dengan memberikan otonomi yang lebih besar, selain menunjukkan sikap Pemerintah terhadap tuntutan respon masyarakat juga merupakan sarana untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan pendidikan yang adil. Penekanan pada aspek-aspek dari sifatnya adalah kepatuhan mendalam dan bersyarat dengan masalah yang dihadapi dan politik yang dianut oleh Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam peningkatan pendidikan di SMA Negeri 1 Muhammadiyah Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatf melalui penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya membawa tentang adanya implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA 1 Muhammadiyah Palembang, antara lain: 1) sekolah memiliki kemandirian dalam mengembangkan sumber daya manusia. 2) menumbuhkan rasa tanggung jawab sekolah warga dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 3) pengembangan kreativitas sekolah dalam melaksanakan program. 4) prestasi yang diperoleh sekolah. Setelah pelaksanaan program peningkatan pendidikan di SMA Muhammadiyah Palembang 1, terus mengalami peningkatan prestasi akademik dan non akademik. 5) meningkatkan akuntabilitas di sekolah memiliki lulusan yang diserap di PTN terpisah.


Keywords


manajemen berbasis sekolah (MBS); kualitas pendidikan

Full Text:

PDF

References


Duryat, Masduki. (2016). Kepemimpinan Pendidikan (Meneguhkan Legitimasi dalam Berkontestasi di Bidang Pendidikan). Bandung: ALFABETA.

Engkoswara dan Aan Komariah. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA. Cet. Ketiga.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia.

Minarti, Sri. (2011). Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri), Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Lembaga Negara Republik Indonesia, 2005.

Satori dan Komariah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto, B. (2010). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, Husaini. (2013). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

UU No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wahyosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i1.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :