FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA SMK DALAM PEMILIHAN JURUSAN DI SMK PGRI TANJUNG RAJA

Abdul Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi siswa SMK dalam pemilihan jurusan di SMK PGRI Tanjung Raja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMK PGRI Tanjung Raja kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli- Oktober 2017.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari informan utama (siswa), dan informan pendukung (guru dan orang tua peserrta didik) serta arsip dan dokumen sekolah yang mendukung penelitian. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan yang saling berinteraksi, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh informasi bahwa bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi siswa SMK dalam pemilihan jurusan di SMK PGRI Tanjung raja, antara lain: 1) pertimbangan minat dan hobby terhadap program keahlian yang diampu; 2) pertimbangan peluang kerja dari masing-masing program keahlian; 3) pengaruh rekan sejawat; 4) pertimbangan nilai hasil tes saat masuk SMK ; 5) media untuk mendapatkan ijazah kelulusan; dan 6) gender. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyarankan: bagi siswa,  sebaiknya sebelum melakukan pemilihan jurusan harus berkonsultasi kepada orang tua dan  bagi sekolah, bagi SMK PGRI Tanjung Raja sebaiknya melakukan tes bakat dan minat disamping tes akademik untuk memilih jurusan bagi calon peserta didik.


Keywords


faktor-faktor; siswa SMK; pemilihan jurusan

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (1995). Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Djojonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusi Melalui SMK. Jakarta : Jayakarta Press.

Prosser, Charles. (1925). Prosser’s sixteen theorems. Newyork: Century Co.

Sugiyono. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i2.1572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :