APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ADMINISTRASI UMUM KELAS X AKL 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Widya Lestari, Rhyta Petrossky

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AKL 1  SMK Muhammadiyah 2 Palembang tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model discovery learning.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing dua kali pertemuan untuk semua siklus.  Pengmpulan data dengan menggunakan lembar tes, lembar observasi dan kajian terhadap dokumen yang ada.  Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar administrasi umum meningkat setelah diterapkan dengan model pembelajaran discovery learning.  Ketercapaian hasil belajar pada siklus I sebesar 48,38%, pada siklus II 61,29% dan siklus III 100%. 


Keywords


penelitian tindakan kelas; discovery learning; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Balim, A., G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari Eurasian Journal Education Research, 35, 1 20.

Dahar, Willis, Ratna. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Ratmi, Ni Wayan. (2004). Implementasi Metode Demonstrasi Dan Beberapa Media Belajar Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III Semester II Tahun Pelajaran 2003/2004 Di Sekolah Dasar Nomor 13 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan. Skripsi. IKIP Negeri Singaraja.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D ) . Bandung : CV.Alfabeta.

Wardhani, IGAK & Wihardit, Kuswaya. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.