EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Taty Fauzi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena motivasi belajar siswa  rendah  ditandai dengan aktivitas belajar di kelas pasif dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan guru direspon kurang optimal sehingga siswa tidak bertanya dan tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru mata pelajaran. Dalam proses belajar untuk mempercepat proses pemahaman guru perlu memperhatikan kondisi emosi peserta didik , karena diyakini bahwa emosi dapat membuat pembelajaran bertahan lama dalam proses penyimpanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitian siswa kelas XI IPS  SMA Negeri 8 Palembang tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dipilih berdasarkan kriteria yaitu siswa yang motivasi belajarnya rendah sebanyak 10 orang  dipilih berdasarkan skor terendah hasil pretest yang diberikan melalui konseling kelompok dengan menggunakan teknik modeling. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel dengan dk = 10 – 1 = 9 dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,83 dan thitung =7,05. Berdasarkan nilai thitung = 7,05 > ttabel = 1,83. Artinya penggunaan teknik modeling berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


motivasi belajar; minat belajar; konseling kelompok; teknik modeling.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Teori Motivasi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Giyanti. (2003). Meningkatkan Motivasi Belajar Setelah Mengikuti Bimbingan Kelompok Motivasi Belajar Behavioral Siswa Kelas VII SMP Negeri I Getasan. Diakses 29 Agustus 2017

Lilis, Ratna Purnama Sari. (2012). Teknik-Teknik Konseling. Semarang: Fakultas Negeri Semarang. Diakses 4 September 2017.

Nursalim, Mochammad. (2005). Strategi Konseling. Surabaya: Unisa University.

Sardiman. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutama, Gede Agus. (2013). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI AKC SMK Negeri I Singaraja. (Ejournal.undiksha.ac.id) Diakses 4 September 2017.

Uno, Hamzah, B. (2011 ). Motivasi dan Pengukuran Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i1.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :