PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Samsilayurni Samsilayurni, Sumarni Sumarni

Abstract


Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, dibutuhkan sumber daya manusia unggul agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, terutama dalam membangkitan dan memotivasi sikap belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis penelitian, dimana variabel sikap belajar (X) memperoleh jumlah skor 3372 dan variabel prestasi belajar (Y) memperoleh jumlah skor 3368. dan nilai rhitung yang didapat dari hasil perhitungan lebih besar daripada nilai rtabel (0,7022?0,2542) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan thitung lebih besar dari ttabel (6,314?1,682), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sikap belajar,  terhadap prestasi belajar siswa, jadi dapat disimpulkanbahwa: semakin tinggi sikap belajar maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.


Keywords


sikap belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Gerungan. (2009). Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama.

Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarwono. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, Alex. (2010). Psikologi Umum . Bandung : Pustaka Setia

Sabri, Alisuf. (1996). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pendoman Ilmu Jaya.

Sunarto. (2012). Pengertian prestasi belajar. Fasilitator idola [online]. Tersediahttp://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi belajar/ Diakses pada tanggal 20 April 2017.

Surya, Mohamad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Syah, Muhibin. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:Remaja Rosda karya.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i1.954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :