UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODIFIKASI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR II 94

Nyimas Inda Kusumawati, Agus Supriadi

Abstract


Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya nilai mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II adalah mahasiswa yang kurang aktif bertanya, hanya mengandalkan materi dari dosen dan kurang percaya diri sehingga mahasiswa sulit melakukan penalaran dalam memahami konsep. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa melalui modifikasi model belajar kooperatif tipe Jigsaw pada mata kuliah Struktur Aljabar II di Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus. Subjek yang diamati dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa semester IV tahun ajaran 2016/2017 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Dengan melakukan model pembelajaran yang memodifikasi model belajar kooperatif tipe Jigsaw diperoleh hasil tes pada siklus I sebesar 66,7% mahasiswa memperoleh nilai ³ 80, sedangkan pada siklus II sebesar 77,8% mahasiswa memperoleh nilai ³ 80. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II melalui modifikasi belajar kooperatif tipe Jigsaw dan terjadi peningkatan keaktifan mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih aktif bertanya, mandiri dan lebih percaya diri.


Keywords


model belajar kooperatif, jigsaw, struktur aljabar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Aronson, Elliot, et al. (1978). Sage The jigsaw classroom. Oxford, England: 197 pp.

Hertiavi, dkk. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 53-57.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Edisi Revisi. Rajawali Pers. Jakarta.

Ridho, Nur. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. http://skp.unair.ac.id/repository/ Guru-Indonesia/Modelpembelajarank nurridho 10592.pdf diakses tanggal 9 September 2017.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i2.1485

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :