UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION POKOK BAHASAN GEOMETRI DI SMAN 3 PALEMBANG

Fariya Hariyani

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 4 di SMA Negeri 3 Unggulan Palembang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu, pra siklus (51,61%), siklus I (70,97%) dan siklus II (90,32%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Kooperatif Tipe Student Achievement Team Division dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Unggulan Palembang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.


Keywords


Matematika; Model pembelajaran kooperatif tipe student achievement team division.

Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri. (2007). Pisikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes Press.

Burger & Shaughenessy. (1993). Characterizing the van Hiele Levels of Development in Geometry. Journal for Research in Mathematic Education.

Bobango. (1993). Geometry for All Student: Phase-Based Instruction. Dalam Cuevas (Eds). Reaching All Students with Mathematics. Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Efendi, Mawardi. (2010). Efektivitas Belajar. Jakarta: PT. Grafindo Pustaka.

Erman, Suherman, dkk. (2003). Strategi Belajar Matematika Kontemporer. Bandung : UPI.

Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Putra.

Idris, Z. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung : Angkasa.

Kennedy, L.M., Tipps, S. (1994). Building Children’s of Learning of Mathematic. Bument. California : Wads Worth Publishing Company.

Koes, H. S. (2013). Strategi Pembelajaran: JICA.

Nur, Muhammad. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNNES.

Slamento. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert. E. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Sudjana, Nana.1998. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Winata, Putra dan Rosita. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i2.1487

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :