PENGEMBANGAN SOAL TIPE PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA JAMBI

Aisyah Aisyah, Sri Dewi

Abstract


Soal-soal tipe PISA merupakan salah satu tipe soal yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) siswa, salah satunya kemampuan komunikasi matematis. Karenala itu dikembangkan soal-soal tipe PISA untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Rumusan masalahnya yaitu; 1) Bagaimanakah mengembangkan soal-soal tipe PISA yang valid dan  praktis untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa tingkat SMP? 2) Bagaimanakah efek potensial uji coba soal-soal tipe PISA yang dihasilkan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP N 17 Kota Jambi? Sedangkan tujuannya adalah 1) Menghasilkan soal tipe PISA yang valid dan praktis untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa tingkat SMP, 2) Mengetahui efek potensial penerapan soal-soal tipe PISA yang dihasilkan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 17 Kota Jambi. Metode penelitiannya development research dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP N 17 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan; 1) walk trough, 2) dokumentasi, 3) tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah soal-soal matematika tipe PISA untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa sebanyak 10 butir berbentuk uraian (open construct response) yang valid dan praktis. Soal-soal ini mempunyai efek yang diketahui dari analisis jawaban siswa dan wawancara ketika pelaksanaan uji coba soal dimana siswa dapat mengeksplor kemampuan komunikasi matematisnya.


Keywords


Soal tipe PISA; Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Hayat B. & Yusuf S. (2010). Bencmark: International Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardhiyanti, Devi. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika departemen of Master Program on Mathematics education Faculty of Teacher Training and Education Sriwijaya University, Volume 5, No 1. Retrievied 5 Ferbruari 2016, from ejournal.unsri.ac.id

National Ouncil of Teachers of Mathematics. (1989). Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston, VA: Author. Retrievied 8 November 2014, from http://educare.e-fkipunla.net

---------. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

OECD. (2009). The PISA 2009 Assesment Framework: Mathematics, reading science and problem solving knowledge and skills. Retrievied 5 November 2015, from https://www.pisa.oecd.org/dataoecd/38/51/33707192.pdf.

---------. (2010). PISA At Galance 2009. Paris Cedex 16: OECD. Retrievied 5 Desember 2015, from www.PISA-oecd.org/.

---------. (2010). PISA 2009 Framework. Paris Cedex 16: OECD. Retrievied5 Desember 2015, from www.PISA-oecd.org/

----------. (2010). PISA 2009 Result: What Students Know and Can Do. Paris Cedex 16: OECD, Retrievied 5 Desember 2015, from www.PISA-oecd.org/.

Yunengsih, dkk. (2008). Ujian Nasional: Dapatkah Menjadi Tolak Ukur Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Riset Putera Sampoerna Foudation.

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. Retrivied 20 November 2016, from www.reocities.com/zulkardi/books.html.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i2.1488

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :