MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PERMAINAN DAKON TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Indra Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif dengan permainan tradisional dakon termodifikasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif melalui permainan tradisional dakon termodifikasi ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga selain mendapatkan poin plus siswa lebih antusias dalam kegiatan belajar mengajar yang mengakibatkan prestasi belajar merekapun naik.


Keywords


pembelajaran kooperatif; dakon termodifikasi; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Atsnan. (2015). Pembelajaran Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah melalui Permainan Dakon. Jakarta : Raja Grafindo Pustaka.

Januarti, R. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Permainan Dakon Bilangan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Suryani, T A. (2013). Pemanfaatan Permainan Congklak (Dakon) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berhitung Pada Anak Tunagrahita. Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i2.1489

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :