PENGEMBANGAN GAME KUIS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIK

Nurul Oktarina, Rusdy A Siroj, Luvi Antari

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen evaluasi hasil belajar siswa  pada materi statistik berbasis game kuis menggunakan Adobe Flash CS5 yang valid dan praktis serta mengetahui efek potensial dari penggunaan instrumen evaluasi pada materi statistik berbasis game kuis menggunakan Adobe Flash CS5 yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (development Research). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen evaluasi berbasis game kuis menggunakan Adobe Flash yang valid dan praktis. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil koreksi oleh ahli media, materi dan bahasa yang disimpulkan bahwa instrumen evaluasi berbasis game kuis sudah baik dan layak untuk dikembangkan, dari segi kepraktisannya terlihat pada saat melakukan uji coba small group yang menyatakan tidak ada kesulitan dalam pengoperasian media tersebut tanpa bantuan orang lain dan dapat mengerjakan soal kuis dengan baik. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa kelas XII Mia 1 diperoleh rata-rata 85,67 dengan kategori tergolong baik dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Pengembangan; Instrumen Evaluasi; Game Kuis; Adobe Flash CS5

Full Text:

PDF

References


Akker, J. Van Den. (2013). Education Design Research. Netherlands: SLO, Enschede.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kurniawati, Yohana. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut. Yogyakarta: FKIP. Universitas Sanata Dharma.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i2.1490

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :