PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUANAWAL MATEMATIKA

Ulfa Masamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmenelaah peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, sebagai akibat dari penggunaan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen (The Non Equivalent Control Group Design). Penelitian ini dilakukan di MAN Ngawi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan dibanding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Selain itu, merujuk pada N-Gain tes kemampuan berpikir reflektif matematis ditemukan adanya interaksi yang menunjukkan bahwa pembelajaran mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis berdasar pada kemampuan awal matematika siswa.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Konvensional, Berpikir Reflektif Matematis, Interaksi

Full Text:

PDF


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED by :