PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONSTRUKTIVIS PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA DI SMA

Dian Apriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan bahan ajar berupa LKS berbasis konstruktivis pokok bahasan jarak pada bangun ruang valid dan praktis; 2) Mengetahui efek potensial LKS yang dibuat terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah LKS berbasis Kontruktivis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes, observasi dilakukan untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan Konstruktivis, dan tes hasil belajar untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 34 siswa Semester II SMAN 8 Palembang. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep siswa. (2) Berdasarkan proses pengembangan diperoleh bahwa prototype Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan sudah efektif meningkatkan aktivitas  belajar siswa, terlihat dari hasil analisis observasi aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran. Berdasarkan proses pengembangan diperoleh juga bahwa prototype Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan telah memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep matematika siswa, dimana hasil tes matematika siswa secara klasikal mempunyai rata-rata 5,02 (rentan 0 – 8) dimana nilai ini termasuk dalam kategori memiliki kemampuan penalaran matematika yang baik

Keywords


Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Konstruktivis

Full Text:

PDF


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED by :