IMPLEMENTASI WAWASAN KEBANGSAAN DI PONDOK PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA DAN SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Madhan Anis

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sejarah berbasis wawasan kebangsaan, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis wawasan kebangsaan,(3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran sejarah berbasis wawasan kebangsaan, (4) menganalisis kendala-kendala dalam proses pembelajaran sejarah berbasis wawasan kebangsaan. Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Muayyad yang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang dimiliki Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta dan SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) yang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang dimiliki Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi yang digunakan adalah studi kasus ganda terpancang. Cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan criterion-based selection. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pencatatan dokumen.Validasi data dilakukan dengan trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan pendidik di SMA Al-Muayyad maupun SMA MBS dalam pembelajaran sejarah berbasis wawasan kebangsaan yaitu dengan menyusun perangkat pembelajaran berupa silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memasukkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. (2) Pelaksanaan pembelajaraan sejarah berbasis wawasan kebangsaan dilakukan pendidik di SMA Al-Muayyad melalui cerita pesantren yang heroik dalam menegakkan kemerdekaan Indonesia, tanya jawab, serta diskusi kelompok. Sedangkan pelaksanaan pembelajaraan sejarah berbasis wawasan kebangsaan dilakukan pendidik di SMA MBS melalui pemutaran film dokumenter sejarah perjuangan bangsa, tanya jawab, diskusi kelompok, dan penugasan (3) Bentuk penilaiannya tes dan non tes dengan mempertimbangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. (4) Kendala yang dialami dalam pembelajaran sejarah berbasis wawasan kebangsaan di SMA Al-Muayyad dan SMA MBS diantaranya kemampuan guru dalam proses pembelajaran, sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran dan sarana pembelajaran.

Keywords


Wawasan Kebangsaan, Pembelajaran Sejarah, Pondok Pesantren.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Syafi’i Noer, “Pesantren: Asal-Usul dan Pertumbuhan Kelembagaanâ€, dalam Abuddin Nata. 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grassindo.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Anderson Benedict. Imagined Communities, a.b. Omi Intan naomi 2004. Komunitas-komunitas Terbayang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dadang Supardan dan A. Razak Ahamad. 2009. “Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendekatan Multikultural dan Perspektif Sejarah Lokal, Nasional, dan Global dalam Integrasi Bangsaâ€, Forum Kependidikan, Volume 28 No.2, Maret 2009, hlm. 96-107.

H.B Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori danTerapannya dalam Penelitian). Surakarta: UNS Press.

Kochhar, S.K, “Teaching of Historyâ€, a.b. H.Purwanta, dkk 2008, Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Gramedia.

Kodhi SA dan R Soerjadi. 1989. Filsafat Idiologi, dan Wawasan Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Kohn H. 1958. Nasionalisme Arti dan Sedjarahnya. Jakarta: Pustaka Sardjana.

Nana Sudjana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Oemar Hamalik. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Schunk, Dale H. 2012. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soekarno. 1965. Di Bawah Bendera Revolusi. Jakarta: Gunung Agung.

Steenbrink, Karel A. 1986. Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Zamakhsyari Dhofier. 2011. Tradisi Pesantren, Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES


Refbacks

  • There are currently no refbacks.