TRADISI SELAMETAN DI MAKAM KYAI MAS KECAMATAN PRAJEKAN KABUPATEN BONDOWOSO

Tantri Raras Ayuningtyas

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana asal-usul selamatan di Makam Kyai Mas Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso?, (2) Bagaimana bentuk dan proses tradisi selametan di Makam Kyai Mas Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso?,. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat langkah, yaitu Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi dan menggunakan pendekatan antropologi budaya. Hasil dari penelitian ini mengambarkan bahwa tradisi selamatan pada malam di makam Kyai Mas dilakukan secara turun-temurun sejak wafatnya Kyai Mas pada tahun 1892. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan kepada Kyai Mas karena Kyai Mas dianggap sebagai tokoh penyebar agama Islam di wilayah Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso. Keunikan yang terdapat dalam tradisi nyekar dan selamtan di makam Kyai Mas dipengaruhi kebudayaan Cina, Islam dan Jawa. Hal ini tampak pada sisa peninggalan yang terdapat di Pesantren dan makam Kyai Mas. Bentuk ornamen bangunan dan makam Kyai Mas menggambarkan simbol-simbol kebudayaan Cina. Hal ini menguatkan bahwa Kyai Mas adalah keturunan bangsawan Cina yaitu dinasti Han. Bangunan peninggalan Kyai Mas, adalah bukti bahwa Kyai Mas semasa hidupnya menyebarkan agama Islam kepada santri-santrinya. Tradisi nyekar dan selamatan setiap Jum’at legi merupakan perwujudan kebudayaan Jawa dimana masyarakat beranggapan bahwa setiap Jum’at legi arwah leluhur akan datang dan menunggu do’a dari sanak saudaranya. Proses nyekar selamatan di makam Kyai Mas memperlihatkan bahwa peziarah yang mendo’akan Kyai Mas berasal dari etnis dan agama yang berbeda dan perbedaan itu tidak mengurangi kekhusukan mereka berdo’a karena mereka saling menghormati.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1997. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Greertz, Clifford. 1959. Abangan, Santri, Priyayi, Dalam Masyarakat Jawa. Jakarta : PT Dunia Pustaka Jaya.

Hadi, Y, Sumandiyo. 2006. Seni dalam Ritual Agama. Yogyakarta : PT Pustaka.

Hariwijaya, M. 2006. Sunan Gresik Sang Wali Pertama. Jakarta : PT Visi Gagas Komunika.

Hermanadi. Makam Cekong Mas Masih Dikeramatkan. Liberty edisi 1873, terbit 1-10 Mei 1995.

Herusatoto, Budiono. 2001. Simbolisme Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta : PT. Hanindita Graha Widia.

Koentjaraningrat. 1991. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Krisdianto, Heru. Makam Ampuh Keturunan Han. Liberty edisi 2281, terbit 21-30 September 2006.

Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Edisi Kedua. Yogyakarta : PT Tiara Wacana Yogya.

Kuntowijoyo. 1987. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta : PT Tiara Wacana Yogya.

Nasution, Arman H. 2005. Keajaban Dzikir Dan Do’a (Transformasi Nilai Sufisme Menuju ESQ). Surabaya: Al Dzikra.

O’Dea, Thomas F. 1996. Sosiologi Agama Suatu Pengenalan Awal. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Prayitno, Joko. 2004. Tradisi Nyadran Di Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek (Kajian, Bentuk, Makna Dan Fungsi). Skripsi, (tidak dipublikasikan). Surabaya: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.

Qurtuby, Al, Sumanto. 2003. Arus Cina-Islam-Jawa Bongkar Sejarah atas Peranan Tionghoa dalam Penyebaran Agama Islam di Nusantara Abad XV & XVI. Jogjakarta : PT Inspeal Ahimsakarya Press.

Rato, D. 2003. Buju’ dan Asta :Persepsi Masyarakat Madura Sumenep Terhadap Kuburan Keramat. Dalam Sugianto (Ed): Kepercayaan, Magi, dan Tradisi Dalam Masyarakat Madura. Jember: PT Tapal Kuda.

Rachmawati, Evi. 2007. Perjalanan Pencari Berkah Di Tengah Artefak. http://www.kompas.com/kompas-cetak/0702/20/humaniora/3332107.htm.(edisi 20 Februari 2007).

Setiyawan, Wahyu H. 2001. Pelaksanaan Upacara Nyadran Di Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Skripsi, (tidak dipublikasikan), Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Soekmono,R. 1991. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2. Yogyakarta : Kanisius.

Soekmono,R,1991. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 3. Yogyakarta : Kanisius.

Soemardjan, Selo & Soemardi, Soelaeman. 1964. Setangkai Bunga Sosiologi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Wiranata, I.Gede A.B. 2002. Antropologi Budaya. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Yuanzhi, Kong. 2005. Muslim Tionghoa Cheng Ho : Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara. Jakarta : PT Pustaka Populer Obor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.