PEMANFAATAN KOMPOS LIMBAH TANAMAN PADI DAN PEMBERIAN MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) PADA LAHAN KERING MASAM

Yopie Moelyohadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mempelajari dan mendapatkan jenis kompos limbah tanaman padi dan takaran pupuk mikoriza yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung (Zea mays L.). Penelitian ini telah dilaksanakan  di lahan milik  petani  yang terletak di  Desa   Pagar Agung, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Waktu pelaksanaan dari bulan September sampai Desember 2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split-plot Design) dengan 9 kombinasi perlakuan, diulangan sebanyak 3 kali, serta 4 tanaman contoh. Adapun faktor perlakuanya adalah sebagai berikut : Petak utama adalah Jenis Kompos Limbah Tanaman Padi (K) :  K0         = kontrol (tanpa kompos); K1 = kompos jerami padi; K2 = arang sekam padi sedangkan Anak petak adalah Takaran Pupuk Mikoriza (M) : M0= kontrol (tanpa mikoriza);  M1            = 5gr/tanaman; M2= 10gr/tanaman. Peubah yang diamati dalam penelitian ini yaitu: 1) Tinggi tanaman (cm), 2) Jumlah daun/tanaman (helai), 3) Berat tongkol/tanaman (g), 4) Panjang tongkol/tanaman (cm), 5) Diameter tongkol/tanaman (cm), 6) Jumlah biji/tongkol (butir), 7) Hasil panen/hektar (ton). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian jenis Kompos limbah tanaman padi memberikan pengaruh nyata sampai sangat nyata terhadap semua peubah yang diamati. Perlakuan pemberian takaran pupuk mikoriza berpengaruh sangat nyata terhadap semua peubah yang diamati. Begitu juga dengan kombinasi perlakuan berpengaruh nyata sampai sangat nyata terhadap semua peubah yang diamati, kecuali terhadap peubah tinggi tanaman dan diameter tongkol/tanaman yang berpengaruh tidak nyata. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu Kombinasi pemberian kompos jerami padi dan pupuk mikoriza dengan dosis 10 g/tanaman memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung, dengan hasil panen rata-rata 14,48 ton tongkol kering/hektar.


Keywords


kompos limbah tanaman padi; pupuk mikoriza; jagung (Zea mays L.); lahan kering masam

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2016. “Laporan USDA Masih Pengaruhi Harga Jagung yang Anjlok”. www.pasarjagung.com

Dwidjoseputro, D. 2006. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.

Gawansyah H. 2000. Pengaruh Dosis Campuran Berbagai Bentuk Sekam Padi Terhadap beberapa Sifat Fisik dan Kimia tanah Alluvial. Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura.

Ghani, A. 2004. Pertumbuhan dan Hasil Jagung pada Berbagai Kombinasi Pupuk Anorganik dan Pupuk Hayati di Tanah Ultisol Cempaka. Skripsi Universitas sriwijaya.

Haris A dan Adnan AM 2000. Mikoriza dan Manfaatnya. Balai Penelitian Tanaman Serelia. Prosiding Seminar Ilmiah dan Pertemuan Tahunan PEI dan PFI XVI Komda Sul-Sel.

Havlin JL, JD Beaton, SL Tisdale and WL Nelson. 2005. Soil Fertility and Fertilizers. An introduction to nutrient management. Seventh Edition. Pearson Education Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Jumin, H.B. 2005. Dasar-dasar Agronomi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kaldrof M, Lutwing-Muller J. 2000. AM fungi might affect the root morfology of maize by increasing Indole-3Butyric Acid biosyntesis. Physiol. Planta.109: 58-67

Paeru, Rudi H. dan Trias Qurnia Dewi. 2017. Panduan Praktis Budidaya Jagung. Penebar Swadaya, Jakarta.

Simamora, S. dan Salundik. 2006. Meningkatkan Kualitas Kompos. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Stevenson, F. J. 1994. Humus Chemistry. Genesis, Composition, and Reaktions, Jonh Wiley and Sons. Inc. New York. 443 p.

Sumarni, Titin. 2014. Peningkatan Produktivitas Tanamn Jagung (Zea mays) Melalui Aeleorasi Kesuburan Tanah Dengan Bokashi dan Cendawan Mikoriza Arbuskular. Universitas Brawijaya.




DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v14i1.1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.