APLIKASI PUPUK ORGANIK JERAMI PADI DAN KOTORAN AYAM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PENGGUNAAN PUPUK ANORGANIK PADA BUDIDAYA TANAMAN TOMAT

Syafrullah Syafrullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak aplikasi pupuk organic jerami padi dan kotoran ayam pada pertumbuhan vegetatif dan produksi tanaman tomat. Penelitian ini telah dilakukan di Indralaya, sejak bulan Januari sampai dengan Mei 2014. Perlakuan disusun dalam Rancangan Kelompok Acak Lengkap dengan 5 perlakuan yang ulangan 4 kali. Perlakuannya adalah: PO=kontrol (tanpa pupuk organik dan tanpa pupuk anorganik), P1=pupuk anorganik dosis rekomendasi (135 kg N ha-1, 75 kg PZOS ha-', clan 110 kg K20 ha-1), P2=Pupuk organik jerami padi 10 ton ha-1 di tambah pupuk anorganik dosis rekomendasi, P3=Pupuk organik jerami padi 10 ton ha-1 ditambah pupuk anorganik setengah dosis rekomendasi, P4=Pupuk organik kotoran ajam 10 ton ha-1 ditambah pupuk anorganik dosis rekomendasi, dan P5=Pupuk organic kotoran ayam 10 ton ha-1 ditambah pupuk anorganik setengah dosis rekomendasi. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman (cm) pada umur 55 HST; bobot kering brangkasan (g): bobot kering batang, akar, diameter buah (cm); jumlah buah per petak dan bobot buah total per petak (kg petak'). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesuburan tanah diperbaiki setelah aplikasi pupuk organik. Pupuk organik kotoran ayam yang dikombinasikan dengan setengah dosis pupuk rekomendasi dapat meningkatkan hasil tomat dibandingkan dengan pupuk organik Jerami padi. Pupuk organik kotoran ayam yang dikombinasikan dengan pupuk anorganik setengah dosis anjuran dapat diterapkan guna meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk anorganik pada budidaya tanaman tomat.

Keywords


tomat, pupuk organik kotoran ayam, jerami padi, pupuk anorganik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v10i1.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.