RESPON PERTUMBUHAN AKAR DAN TAJUK BEBERAPA GENOTIF JAGUNG (Zea mays.L) PADA KONDISI SUPLAI HARA RENDAH DENGAN METODE KULTUR AIR

Yopie Moelyohadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakteristik pertumbuhan akar dan tajuk serta efisiensi serapan hara pada tanaman jagung galur seleksi efisien hara dibandingkan dengan galur seleksi tidak efisien hara pada kondisi suplai hara rendah yang dapat digunakan sebagai landasan untuk menetapkan varietas jagung yang dapat tumbuh dan berproduksi tinggi di lahan kering marginal. Penelitian ini telah dilaksanakan di rumah kaca Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian UMP dan Laboratorium Ekofisiologi Fakultas Pertanian UNSRI Indralaya. Penelitian akan berlangsung selama 4 bulan,dimulai dari Bulan Mei sampai dengan Bulan September 2014. Bahan-bahan yang diperlukan dalam percobaan ini adalah 3 galur tanaman jagung hasil seleksi efisien hara yang didapat dari hasil penelitian pengembangan genotipe jagung efisien hara dilahan kering marginal terdiri dari 3 galur jagung hasil seleksi sifat efisien hara, yaitu galur B41, Galur L164 dan galur S194 serta varietas BISI 816 sebagai varietas pembanding. Media tanam yang digunakan dalam penelitian ini adalah larutan Kimura B yang terdiri dari stok A yaitu: (NH4)2.SO4 (48,2g), MgSO47H2O (134,8 g), KNO3 (18,3 g) dan KH2PO4 (24,8 g) dan Stok B yaitu: Ca(NO3).2H2O (86,17 g), FeSO4.7H2O (16 g) dan 1 N HCl (42 ml) (Yoshida et al., 1976). Sedangkan alat-alat yang dipergunakan dalam percobaan ini adalah: paralon sebagai tempat media tanam, stryrofoam, pompa air, Chlorofilmeter, oven dan alat-alat laboratorium. Percobaan ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split –Plot). Sebagai perlakuan petak utama adalah perlakuan berbagai konsentrasi larutan hara, yaitu Ho = Hara normal (larutan Kimura B 100 % konsentrasi standar), H1 = Medium defisien hara (larutan Kimura B 50 % konsentrasi standar) dan H2 = Defisien hara (larutan Kimura B 25 % konsentrasi standar) Sebagai perlakuan anak petak adalah berbagai genotif jagung yaitu: G1 = Galur B41, G2 = Galur L164, G3 = Galur S194 dan G4 = Varietas BIS 816. Semua perlakuan diulang tiga kali. Hasil penelitin menunjukka pemberian berbagai konsentrasi larutan hara memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan akar dan tajuk tanaman jagung yang ditumbuhkan pada media kultur air dan galur jagung B41 memberikan respon pertumbuhan akar dan tajuk tanaman tertinggi dibandingkan dengan galur jagung lainnya pada berbagai tingkat konsentrasi laurutan hara yang diberikan pada media kultur air.

Keywords


Galur jagung efisien hara, kondisi suplai hara rendah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v10i1.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.