EFFECT OF SOLID AND LIQUID ORGANIC FERTILIZER ON THE GROWTH AND PRODUCTION PLANT CELEDRY (Apium graveolens L.) DI POLYBAG

Ade Fitrah, Nurbaiti Amir

Abstract


Pengaruh Jenis Pupuk Organik Padat dan Cair Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Seledri (Apium graveolens L.) Penelitian telah dilaksanakan selama 3 bulan mulai dari bulan Juli sampai September 2014 di salah satu lahan petani di Kelurahan Talang Kelapa KM. 10 Kota Palembang. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan jenis pupuk organik padat dan cair yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman seledri (Apium graveolens L.). Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan 9 kombinasi 3 ulangan. Perlakuan Jenis Pupuk Organik Padat yang terdiri dari P1= kompos jerami padi; P2= Pupuk organik plus; P3= organik kotoran ayam, sedangkan sebagai Jenis Pupuk Organik Cair yaitu C1= Tanpa pupuk organik cair; C2= Pupuk organik cair buatan sendiri; C3= Pupuk organik cair super NPK. Parameter yang diamati terdiri dari tinggi tanaman (cm), jumlah tangkai daun (buah), berat segar/tanaman (g), berat kering tanaman (g), indeks panen (%).
Hasil kesimpulan menunjukan perlakuan jenis pupuk organik plus menghasilkan pertumbuhan dan produksi yang terbaik terhadap tanaman seledri, dengan berat segar tanaman 17,78 g/ tanaman. Perlakuan jenis pupuk organik cair buatan sendiri secara tabulasi menghasilkan pertumbuhan dan produksi tanaman seledri, dengan berat segar tanaman 16,27 g/tanaman.

Keywords


Pupuk Organik Padat, Cair, Seledri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v10i1.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.