PENGARUH PUPUK ORGANIK UNTUK MENGURANGI PENGGUNAAN PUPUK ANORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DI LAHAN LEBAK

Suci Febrtasih, R. Iin Siti Aminah, Minwal Minwal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik kotoran ayam dan penggunaan pupuk anorganik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.) Penelitian ini telah di laksanakan di kebun percobaan Fakultas Semambu, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan. dari bulan Mei sampai Agustus 2015 menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dengan 3 ulangan sehingga terdapat 27 petak perlakuan. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini meliputi petak utama yaitu Jenis Pupuk Organik (O) dan sebagai takaran petak yaitu pupuk anorganik (T) yang terdiri dari : O1 = Pupuk Organik Kotoran Ayam, O2 = Pupuk Organik Kotoran Sapi, O3 = Pupuk Organik Kotoran Kambing dan Jenis Pupuk Anorganik (J) yang terdiri dari : T1 = (SP 36 + KCL), T2 = (Urea + KCL), T3 (Urea + SP 36). Peubah yang diamati adalah Tinggi Tanaman (cm), Jumlah Cabang Primer (tangkai), Berat Polong/tanaman (g), Jumlah Polong Berisi (g), Jumlah Polong Hampa (g) Berat Berangkasan Kering (g), Berat 100 Biji (g), Hasil Panen/Petak. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pupuk kotoran kambing dengan pengurangan N anorganik (Urea) menunjukkan hasil terbaik dan tidak nyata dibandingkan perlakuan lainnya pada tanaman kacang tanah, dengan hasil tertinggi 1,23 kg/petak atau 3,27 ton/ha.

Keywords


Pupuk Organik, Pupuk Anorganik, Tanaman Kacang Tanah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v11i2.429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.