PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI MIKORIZA DAN VOLUME PEMBERIAN AIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT ( Elaeis guineensis Jacq.) PADA STADIA PRE NURSERY

Muhammad Riduan, Rosmiah Rosmiah, R. Iin Siti Aminah

Abstract


Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Mikoriza dan Volume Pemberian Air Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Pada Stadia pre-Nursery polybag. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pertumbuhan terbaik dari Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) pada Stadia Pre-Nursery terhadap Pemberian Pupuk Hayati Mikoriza dan Volume Pemberian Air. Penelitian ini akan dilaksanakan di lahan kebun percobaan kampus C Universitas Muhammadiyah Palembang Dusun I Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan. pada bulan Mei sampai Juli 2015, Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 12 kombinasi perlakuan 3 ulangan dan masing- masing perlakuan terdapat 3 tanaman contoh. Faktor perlakuan pertama yaitu Konsentrasi Hayati Mikoriza (H) yang terdiri dari : H0 = tanpa Mikoriza, H1 = 10 (g) Mikoriza, H2 = 20 gram dan H3 = 30 gram. Faktor perlakuan kedua yaitu Volume (V) yang terdiri dari : V1= 250 ml Air, V2= 500 ml Air dan V3 = 750 ml Air. Peubah yang diamati terdiri dari tinggi bibit (cm), Jumlah pelepah daun (helai), bobot kering tanaman (g), panjang akar (cm), jumlah akar primer , dan bobot kering akar(g). Perlakuan pemberian Takaran pupuk hayati mikoriza dengan hasil terbaik pada rerata tinggi, jumlah pelepah daun ,bobot kering tanaman tidak terjadi interaksi pada semua peubah yang diamati.


Keywords


Takaran Pupuk Hayati Mikoriza, Volume air, Bibit Kelapa Sawit.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v12i1.608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.