EKSPLORASI MANFAAT LIMBAH CANGKANG TELUR UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.Merril) PADA TANAH ULTISOL

John Bimasri, Nely Murniati

Abstract


Guna pencapaian ketahanan dan kedaulatan pangan, pemerintah terus berupaya meningkatkan produksi pertanian. Berdasarkan tingkat kebutuhan pangan nasional hingga tahun 2025 dibutuhkan 4,7 juta lahan baru. Untuk mencapai produksi kedelai dibutuhkan perluasan areal tanam 2 juta hektar. Pada hal disisi lain lahan yang tersedia sebagian merupakan lahan sub optimal dan termasuk lahan yang sudah terdegradasi atau terlantar. Berbagai kendala yang terdapat pada lahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan teknologi, salah satu dengan manfaatkan limbah cangkang telur yang digunakan sebagai pupuk dan penetral tanah yang asam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat cangkang telur dalam meningkatkan produksi tanaman kedelai pada tanah Ultisol. Penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam pemanfaatan cangkang telur untuk budidaya tanaman kedelai di lahan sub optimal. Penelitian menggunakan metode Eksperimen dengan Rancangan Acak kelompok faktorial yang terdiri dari 2 faktor perlakuan dengan 3 kali ulangan,dengan Perlakuan Varietas tanaman kedelai dan dosis limbah cangkang telur. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Pemberian cangkang telur dapat peningkatan nilai derajat keasaman (pH) sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki tingkat kesuburan tanah, terutama pada lahan-lahan marjinal, 2) Pemberian limbah cangkang telur dengan dosis 1,2 kg perpetak setara 2000 kg dolomit mampu menaikkan pH tanah dari 4,15 menjadi 5,40 dan memberikan hasil terbaik pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai terutama pada jumlah cabang, berat biji kering pertanaman dan perpetak dan 3) Cangkang telur merupakan limbah, jika dimanfaatkan dalam budidaya tanaman maka dapat mengurangi masalah lingkungan dan meningkatkan hasil produksi.

Keywords


Cangkang telur, tanaman kedelai, tanah ultisol

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v12i1.616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.