UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)

Muslimin Muslimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan
model CLIS untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan bangun
datar di kelas VII SMP Negeri 33 Palembang dan Mendeskripsikan respon siswa
terhadap pembelajaran bangun datar melalui model CLIS di kelas VII SMP Negeri 33
Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika
dengan model CLIS ini ternyata efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa
pokok bahasan bangun datar segi empat khsusnya persegi panjang kelas VII SMP Negeri
33 Palembang, respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model CLIS
di SMP Negeri 33 Palembang adalah positif dan umumnya siswa menyatakan senang
mengikuti pembelajaran dan mudah memahami materi bangun datar. Untuk itu, agar
pembelajaran model CLIS dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran bagi guru
studi matematika di sekolah pada umumnya.

Keywords


hasil belajar, bangun datar, pembelajaran model CLIS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.