PENGARUH PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Sabilul Hasanah Banyuasin)

Eman Nurmansyah, Muslimin Muslimin

Abstract


Hasil belajar siswa yang relatif rendah cenderung menjadi permasalahan tersendiri di dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hasil belajar yang rendah bisa jadi
karena sifat hirarkis dari matematikayang mengatakan bahwa pemahaman konsep B baru dapat dikuasai bila telah memahami konsep A, ini berarti ketika guru mendapati siswanya belum tuntas menguasai materi yang disampaikan, maka semestinya belum boleh melanjutkan ke materi selanjutnya sebelum siswa di dalam kelasnya tuntas memahami pembelajaran sebelumnya. Untuk melakukan usaha agar siswa di kelas itu dapat belajar tuntas, perlu pelaksanaan pembelajaran remedial.Siswa yang kesulitan dalam belajar matematika khususnya pada materi pokok
tertentu, cenderung mengulangi kesalahan yang sama dalam materi yang lalu terlebih lagi materi baru. Rata-rata dari mereka kurang memahami konsep dari materi Matematika.Sehingga pelajaran sulit untuk membekas dan cepat lupa.Oleh karena itu guru perlu menggunakan metode pemberian tugas dan pembelajaran
berpusat pada peserta didik sehingga pembelajaran yang bermakna dapat terwujud. Namundalam proses pembelajaran remedial, peserta didik masih pasif,
banyak diam, menunggu, kurang aktif, dancenderung mengandalkan penjelasan dari guru. Sementara guru terbiasa menganggap siswa tidak tahu apa-apa, bagaikan botol kosong siap untuk diisi penuh. Akibatnya gurulah yang
aktif(Tamrin, 2002:123; Mualimin, 2004:3). Sebagai hasilnya siswa sekedar memperoleh informasi dan kemudian menghafalnya. Bahkan masih ada guru yang berperinsip bahwa tugas guru terbatas pada melakukan pengajaran, artinya jika guru sudah melakukan pengajaran maka selesailah tugasnya, tanpa memikirkan siswa sudah mengerti atu belum Padahal guru dapat berbuat sebaliknya, yaitu
memberi kesempatan aeluas-luasnya kepada siswa untuk ikut aktif dalam proses memperoleh informasi dan mengaitkan dengan apa yang telah dimiliki siswa
 diharapkan siswa itu memahami dan bermakna dengan baik di dalam benak masing-masing siswa.Dengan penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan masukan bagi dunia pendidikan bahwa pembelajaran remedial penting
dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan merupakan evaluasi dan tindak lanjut dari pembelajaran yang telah dilakukan. Pembelajaran remedial seharusnya dilaksanakan dengan metode dan teknik yang tepat semisal
alternatif menggunakan metode pemberian tugas agar ketuntasan belajar dapat terwujud.

Keywords


pengaruh, pembelajaran remedial, pemberian tugas, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.