Studi Perbandingan Media Audio-Visual dengan Media Berbasis Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 2 Palembang

Frenike Liani Utami, Kholillah Kholillah, Aseptianova Aseptianova

Abstract


Masalah dalam penelitian ini: apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran audio-visual dan media pembelajaran berbasis lingkungan pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 2 Palembang?
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran audio-visual sekolah dan media pembelajaran berbasis lingkungan pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 2 Palembang. Hipotesis penelitian yaitu: Ho: Diduga tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran Audio-Visual dan media pembelajaran Berbasis Lingkungan. Ha: Diduga terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran Audio-Visual dan media pembelajaran Berbasis Lingkungan. Penelitian ini dilakukan di kelas X.7 semester dua tahun ajaran 2011/2012, dengan menggunakan media Audio-Visual, dan kelas kedua yaitu kelas X.8 semester dua tahun ajaran 2011/2012, dengan menggunakan media Berbasis Lingkungan. Kedua media yang digunakan diberi masing-masing Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disesuaikan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang berbentuk tes obyektif. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perbedaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan media Audio-Visual dalam mengajar pada kelas X.7 yaitu 33,799 dan untuk kelas yang menggunakan media Berbasis Lingkungan dalam mengajar pada kelas X.8 yaitu 51,063. Hasil uji t kedua tes akhir tersebut diperoleh thitung = 2.422 422 signifikan pada probabilitas 0,018 yang berarti terdapat perbedaan antara penggunaan media Audio-Visual dan media Berbasis Lingkungan Sekolah pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 2 Palembang tahun ajaran 2011/2012.

Keywords


Media Audio-Visual, Media Berbasis Lingkungan, hasil belajar biologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.