PENGELOLAAN PRODUKSI DAN KELAYAKAN USAHATANI CABAI MERAH KERITING DI KELURAHAN SETERIO KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN

Rafeah Abubakar, Harniatun Iswarini, Meliana Sari

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengkaji tingkat pengelolaan produksi Usahatani Cabai Merah Keriting dan menganalisis kelayakan financial usahatani cabai merah keriting. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei, metode penarikan contoh yang digunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel petani sebanyak 24 orang dari 243 anggota populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Metode pengolahan data dilakukan secara tabulasi dan dilanjutkan dengan analisa kwantitatif dengan skor dan analisis kelayakan usahatani dengan melihat Nilai BEP Produksi, BEP Penerimaan dan BEP Harga, R/C serta ?/C.
Berdasarkan penelitian dilapangan maka diperoleh skor pngelolaan produksi usahatani cabai merah keriting sebesar 645,9 dan termasuk pengelolaan produksi terkatagori sedang. Sedang perhitungan BEP, BEP produksi sebesar 9,39, BEP Penerimaan sebesar Rp 140.109,- dan BEP harga sebesar Rp 3.142,- per kg, R/C sebesar 5,773 dan ?/C sebesar 4,773. Hasil ini memberi indikasi bahwa usahatani cabai merah keriting di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin layak untuk dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar petani dapat mengelola produksi usahatani cabai merah keriting dengan cara yang lebih baik lagi, agar dapat lebih meningkatkan produktivitas dan pendapatan dari usahataninya.

Keywords


Pengelolaan dan Kelayakan usahatani

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v4i1.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.