PENGELOLAAN DAN PENDAPATAN USAHATANI TERUNG UNGU (Solanum molengena L.) DI DESA MEKAR SARI KECAMATAN RANTAU ALAI KABUPATEN OGAN ILIR

Reza Ahmad Sulistiawan, Rafeah Abubakar, Sisvaberti Afriyatna

Abstract


Pengelolaan dan Pendapatan Usahatani Terung Ungu (Solanum molengena L) di Desa Mekar Sari Kecamatan Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengelolaan usahatani terung ungu dan pendapatan usahatani terung ungu yang dilakukan petani di Desa Mekar Sari. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mekar Sari Kecamatan Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan yang dilakukan secara sengaja dari bulan Oktober sampai Desember 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sedangkan metode penarikan contoh adalah metode sensus dimana petani contoh yang mengusahakan terung ungu sebanyak 15 petani. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengelolaan data dilakukan analisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skor dan cara perhitungannya mempedomani buku pembinaan kelembagaan dan perkumpulan petani pemakaian air (P3A), dan menggunakan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan usahatani terung ungu yang dilakukan oleh petani contoh termasuk pada kriteria baik dan skor atau nilai 758,2. Dan hasil pendapatan usahatani terung ungu yang diperoleh rata - rata sebesar Rp. 7.591.935 /lg/mt atau Rp.10.458.911/ha/mt.

Keywords


Agribisnis terdiri dari tiga subsistem, sarana produksi, usahatani, pemasaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v5i1.534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.