ANALISIS PENDAPATAN PADA USAHATANI PADI SAWAH LEBAK DENGAN SISTEM YARNEN DAN TUNAI DI KECAMATAN RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN

Sisvaberti Afriyatna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui cara distribusi dan pembelian input produksi padi sawah lebak dengan sistem yarnen dan tunai di Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, 2). Mengetahui apakah terdapat perbedaan pendapatan pada usahatani padi sawah lebak dengan sistem yarnen dan tunai di Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode acak berlapis berimbang (proportionated stratified random sampling). Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah petani yang mengusahakan tanaman padi sawah lebak sistem yarnen dan tunai di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin sejumlah 72 orang yang terbagi dalam dua desa, yaitu Desa Gelebak Dalam dan Desa Sako.Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1). Terdapat tiga cara distribusi input produksi, yaitu: a).Dari distributor ke pabrik penggilingan, kemudian ke petani; b).Dari distributor melalui kios saprotan ke petani; dan c).Dari distributor melalui petani kaya k petani, dan dua cara pembelian input produksi yaitu dengan cara yarnen dan tunai., 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara pendapatan petani yang menggunakan sistem yarnen dalampengadaan input produksinya dengan petani yang menggunakan sistem tunai.

Keywords


Sistem Yarnen dan Tunai, Pendapatan, Padi sawah lebak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v3i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.