ANALISIS KOMPARASI PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI LAHAN IRIGASI TEKNIS DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DAN SISTEM TEGEL DI KABUPATEN MUSI RAWAS

Nila Suryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghitung perbedaan produksi dan pendapatan usahatani padi sistim tanam jajar legowo dan jajar tegel (2) Menganalisis hubungan antara biaya dan produksi serta produksi dan pendapatan pada kedua sistem tanam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah petani padi dengan sistem tanam jajar legowo dan sistem tegel. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode acak berlapis berimbang dua tahap. Jumlah total sampel adalah sebanyak 58 orang (30 orang petani sistem jajar legowo dan 28 orang petani sistem tegel). Kesimpulan dari penelitian ini adalah : Pendapatan petani sistem jajar legowo lebih tinggi dari pada sistem tegel. Terdapat korelasi yang erat dan searah antara biaya dan produktivitas pada sistem tanam jajar legowo. Demikian pula dengan biaya dan produktivitas terdapat pula hubungan yang sangat erat dan searah (positif) antara biaya dan produktivitas pada sistem tanam tegel, produktivitas dan pendapatan pada sistem tanam jajar legowo, dan produktivitas dan pendapatan pada sistem tanam tegel.

Keywords


Sistem Legowo, Sistem Tegel, Produktivitas, Pendapatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v3i2.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.