ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI SAWIT ANGGOTA KUD MUKTI JAYA DI KECAMATAN SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN

Rahmat Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan uahatani sawit anggota KUD Mukti Jaya, 2) Menganalisis perbedaan pendapatan usahatani sawit petani anggota KUD Mukti Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah disproportioned stratified random sampling atau acak berlapis tidak berimbang. Analisis data dalam menghitung koefisien dari masing-masing variabel dibantu dengan menggunakan aplikasi program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengalaman usahatani sawit berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani sawit anggota KUD Mukti Jaya. Sedangkan pengalaman usahatani sawit, jumlah anggota keluarga, dan tingkat partisipasi anggota tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani sawit anggota KUD Mukti Jaya, 2) Pendapatan usahatani sawit yang diterima anggota aktif lebih besar daripada pendapatan usahatani sawit anggota yang tidak aktif.

Keywords


Pendapatan Usahatani Sawit

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v3i2.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.