Hubungan Nilai Ujian MCQ Tengah Blok dengan Nilai Ujian MCQ Akhir Blok I - XXIII pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang Angkatan 2014

Miranti Dwi Hartanti, Kamalia Layal

Abstract


Pendidikan kedokteran mempunyai peran yang sangat strategis dalam mencetak tenaga dokter berkualitas. Dokter yang berkualitas akan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas pada masyarakat, dan tentunya dokter tersebut merupakan hasil didikan dari lembaga pendidikan kedokteran yang berkualitas pula. Salah satu bentuk penilaian untuk melakukan evaluasi terhadap pembelajaran pada mahasiswa yang diterapkan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang (FK UM Palembang) yaitu dengan evaluasi formatif dan sumatif berupa ujian tulis dalam bentuk Multiple Choice Question (MCQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai ujian MCQ tengah blok dengan nilai ujian MCQ akhir blok I – XIII pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang angkatan 2014. Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan pendekatan retrospektif menggunakan data sekunder berupa nilai ujian MCQ tengah blok dan nilai ujian MCQ akhir blok I – XIII. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara nilai ujian MCQ tengah blok dengan nilai ujian MCQ akhir blok (p = 0,001) dan menunjukkan adanya hubungan korelasi (r = 0,428) berpola positif yang artinya semakin besar nilai ujian MCQ tengah blok, maka semakin besar pula nilai ujian MCQ akhir blok.


Keywords


nilai, ujian MCQ tengah blok, ujian MCQ akhir blok

Full Text:

PDF

References


Lestari T.R.P. 2012. Kebijakan Pendidikan Kedokteran di Indonesia. Info Singkat Kesejahteraan Sosial. 4 (8) : 9-12.

Konsil Kedokteran Indonesia. 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.

Buku Pedoman Akademik. 2014. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.

Uno H.B. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. p. 27-29.

Uno H.B., Koni S. 2012. Assasment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. p.108.

Sadirman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung:

Rajawali Pers. p. 89-91.

Sinambela S.D., Ariswoyo S., Sitepu

H.R. 2014. Menentukan Koefisien Determinasi Antara Estimasi M dengan Type Welsch dengan Least Trimmed Square dalam Data yang Mempunyai Pencilan. Saintia Matematika. 2 (3) : 225-235.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM

SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit-

Univeristas Diponegoro.

Natasha N. 2015. Peran MCQ sebagai

Instrumen Evaluasi dalam Pendidikan

Kedokteran. JMJ. 3 (2): 132-139.

Lisiswanti R, dkk. 2016. Korelasi Nilai MCQ dengan Nilai Ujian Lisan, Esai, dan Diskusi PBL. JK Unila. 1 (2): 256-




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v9i1.1342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Miranti Dwi Hartanti, Kamalia Layal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Statistic counter 

sinta4