Purifikasi DNA Manusia dengan Teknik Kitchen Preparation Menggunakan Ekstrak Jahe (Zingiber officinale Rosc)

Mitayani Purwoko

Abstract


Penelitian biologi molekuler di bidang kedokteran selalu melibatkan DNA atau RNA. Pemeriksaan DNA mengharuskan dilakukannya proses ekstraksi atau purifikasi DNA. Saat ini proses purifikasi yang tersedia adalah metode salting out; yang cukup rumit dan menggunakan banyak sekali reagen kimia, serta ekstraksi menggunakan kit dari pabrikan yang lebih simpel namun mahal. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara purifikasi DNA yang mudah dan murah sehingga dapat memudahkan penelitian dan pendidikan di bidang biologi molekuler. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni. DNA manusia diperoleh dengan cara berkumur-kumur selama 1 menit dan air kumur tersebut ditampung di dalam wadah. DNA dipurifikasi menggunakan teknik kitchen preparation menggunakan deterjen 1%, enzim protease dari ekstrak jahe (Zingiber officinale Rosc), dan etanol. Hasil eksperimen menunjukkan adanya lapisan putih keruh pada bagian atas tabung reaksi dengan volume ekstrak jahe 2,3 ml, 4,6 ml, dan 6,9 ml. Hal ini menunjukkan bahwa ada proses penguraian DNA dari dalam inti sel dan presipitasi DNA ke arah lapisan etanol sehingga terbentuk benang-benang DNA berwarna putih keruh. Proses purifikasi DNA manusia dengan teknik kitchen preparation menggunakan sumber protease dari tanaman khas Indonesia dapat menghasilkan DNA yang dapat dinilai secara visual dalam tabung reaksi.


Keywords


purifikasi DNA, kitchen preparation, biologi molekuler

Full Text:

PDF

References


Darmono. 2012. Toksikologi Genetik: Pengaruh, Penyebab dan Akibat Terjadinya Penyakit Gangguan Keturunan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Tan SC dan Yiap C. DNA, RNA, and protein extraction: the past and the present. Journal of Biomedicine and Biotechnology. 2009; article ID 574398.

Waldron I, Spindler L, dan Doherty J. 2016. DNA. Pennsylvania: University Pennsylvania.

Iswari RS & A Yuniastuti. 2006. Biokimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nafi A, Ling FH, Bakar J, dan Ghazali HM. 2014. Partial characterization of an enzymatic extract from Bentong Ginger (Zingiber officinale var. Bentong). Molecules, 19, 12336-12348.

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. 2008. Teknologi Budidaya Jahe. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Maryam S. 2009. Ekstrak enzim bromelin dari buah nanas (Ananas sativus Schult.) dan pemanfaatannya pada isolasi DNA. (Skripsi). Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Wilson K dan Walker J. 2010. Principles and techniques of biochemistry and molecular biology. Seventh edition. New York: Cambridge University Press.

Zumbo, P. Ethanol Precipitation. Weill Cornell Medical College, Laboratory of Christopher E. Mason, Ph.D, Department of Physiology and Biophysics. [diakses pada http:// physiology.med.cornell.edu/faculty/ mason/lab/zumbo/files/ ETHANOL_PRECIPITATION.pdf tanggal 08 Januari 2018].




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v9i1.1343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mitayani Purwoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Statistic counter 

sinta4