Perbedaan Kapasitas Vital Paru dan Kapasitas Vital Paksa pada Atlet Renang dan Voli di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang

R.A Tanzila

Abstract


Olahraga yang dilakukan secara teratur khususnya pada atlet mampu meningkatkan fungsi paru karena terjadi adaptasi dari sistem sistem respirasi berupa peningkatan konsumsi oksigen. Olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam jenis tipe latihan fisik daya tahan, sedangkan voli merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam jenis tipe latihan fisik kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kapasitas vital paru dan kapasitas vital paksa pada atlet renang dan voli di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan menggunakan data primer dari pengukuran fungsi paru dengan kapasitas vital paru dan kapasitas vital paksa dengan menggunakan spirometri. Sampel penelitian diambil berdasarkan total sampel dan diperoleh sebanyak 40 sampel. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata kapasitas vital paru dan kapasitas vital paksa pada atlet renang sebesar 4,45 liter dan 4,31 liter, lebih tinggi dari nilai rerata kapasitas vital paru pada atlet voli sebesar 3,63 liter dan 3,50 liter. Hasil analisis statistic dengan uji T tidak berpasangan didapatkan nilai p = 0,010 dan p = 0,030. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan bermakna kapasitas vital paru dan kapasitas vital paksa pada atlet renang dan voli di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang.

Keywords


kapasitas vital paru, kapasitas vital paksa, renang, voli

Full Text:

PDF

References


Warganegara. R, K. The comparation of lung Vital capacity in Various. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. 2015.

Guyton and Hall. Buku Ajaran Fisiologi Kedokteran. Edisi 12. Jakarta: EGC. 2014.

Fox, E. L., Richard, B, W., dan Merie, L. F. The Physiological Basic of Physical Education and Athletics.5 th Edition. Dubuque: Wm. C. Brown Communication, Inc. 1993.

Mitchell, H. Classification of sport. Medicine & Science in Sport and Exercise, Official Journal of The American Collage of Sport Medicine. New York : William & Wilkins. 2004.

Kafiz, L. American Collage Of Sport Medicine. 2014. Available On: www.acsm.org. (Diakses pada 14 januari 2018.

Mubarok, Wildan. Perbedaan Nilai Vital Capacity, Forced Vital Capacity dan Forced Expiratory Volume In One Second Antar Cabang Olahraga pada Atlet Usia 6-12 Tahun. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. 2015.

Romadhona, N. Hubungan Olahraga Bulutangkis Dengan Kapasitas Vital Paru Pada Pemain Bulutangkis(skripsi).Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2015. 8. Situmorang, B. A. Perbandingan Forced Vital Capacity Paru Pada Atlet Renang Manado dan Bukan Atlet Renang di Sulawesi Utara. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. 2014.

Lazovic, P. Superior lung capacity in water based sport athlete and land based sport athlete. Journal Vol 22 No. 3. Rusia: Revista Porguesa de Pneumologia. 2016.

Andrew G, Becklake M, Guleria J, Bates D. Heart and lung function in swimmers and non athletes during growth. J Applied Physiol. 1972.

Kreshna, Nyoman. Perbandingan Forced Vital Capacity (FVC) Perenang dan Bukan Perenang pada Anak Sekolah Menengah Pertama di Kota Denpasar Bali. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. 2016. 12. Sable. Comparative study of lung functions in swimmers and runners. Journal Vol. 1 No. 56. New York : US National Library of Medicine National Institutes of Health. 2012.

Adriskanda, B. Yunus, F. Setiawan, B. Perbandingan Nilai Kapasitas Difusi Paru Antara Orang yang Terlatih dan Tidak Terlatih. Jurnal Respirologi Indonesia. 2010.

Madina, D. Nilai Kapasitas Vital Paru Dan Hubungannya Dengan Karakteristik Fisik Pada Atlet Berbagai Cabang Olahraga (Skripsi). Bandung : Universitas Padjajaran. 2007.

Mahotra, N. Effects of Sports on pulmonary functions. Journal of Nobel Medical College Vol. 2 No.1. Nepal: Maharajgunj Medicine Campus Khatmandu. 2016.




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v8i2.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 R.A Tanzila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Statistic counter 

sinta4