Hubungan Antara Intelligence Quotient (IQ) Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fk Ump Angkatan 2011 Dan 2012

Yanti Rosita, Achmad Azhari, Nurindah Fitria

Abstract


Dalam ujian seleksi masuk Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), terdapat 2 fase ujian untuk masuk ke Fakultas Kedokteran (FK UMP). Jika seorang calon mahasiswa lulus ujian fase satu dan tidak lulus ujian fase dua, calon mahasiswa tersebut dapat masuk ke fakultas lain hanya dengan registrasi ulang. Hal ini menunjukkan kemampuan mahasiswa FK UMP di atas rata-rata. Dengan kemampuan itu, seharusnya mahasiswa FK UMP mampu menghadapi pembelajaran dengan baik karena mempunyai tingkat inteligensi yang tinggi. Namun kenyatannya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 2 semester pertama pada mahasiswa FK UMP masih ada yang di bawah 3 dan tidak ada yang mencapai nilai IPK 4. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey analitik dengan desain cross sectional. Data IPK yang dipakai dalam penelitian merupakan data sekunder sedangkan data IQ didapat dengan cara melakukan tes IQ pada mahasiswa FK UMP angkatan 2011 dan 2012. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 114 orang. Uji korelasi Spearman memperoleh koefisien korelasi 0,442 (p=0.0001) yang menandakan adanya korelasi dengan kekuatan sedang. Dari uji regresi didapatkan nilai 0,225 yang berarti 22,5% IPK dipengaruhi oleh IQ sedangkan 77,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) dengan prestasi akademik mahasiswa angkatan 2011 dan 2012.

Keywords


Intelligence Quotient, prestasi akademik, IPK

Full Text:

PDF

References


Khodijah, Nyayu. 2014. “ Psikologi Pendidikan”. Belajar dan Inteligensi. Jakarta: Rajawali Press.

Widiastuti, Rahma. 2010. “Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Tes Inteligensi dengan Prestasi Belajar”,(http://eprints.uns.ac.id/4016/1/169662309201010371.pdf, diakses pada 12 Agustus 2014)

Universitas Muhammadiyah Palembang. 2012. “Buku Pedoman Akademik Universitas Muhammadiah Palembang”. Palembang : Muhammadiyah

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. 2014. Buku Pedoman Akademik FK UMP tahun 2014”. Palembang : Muhammadiyah

Arini, NKS. 2012. “Pengaruh Tingkat Inteligensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta”. (http://www. gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2009/Artikel_10504121.pdf. Diakses pada 26 September 2014)




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v6i1.1376

DOI (PDF): https://doi.org/10.32502/sm.v6i1.1376.g1214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.